Informasi Kecantikan, Kesehatan, psikologi, Ibu dan Anak

12 Cara Membuat Badan Berotot Tanpa Fitness Dengan Cepat


Bagi pria, memiliki badan yang kekar dan berotot bisa jadi sebuah impian. Ya, dengan tubuh yang lebih kekar, berisi dan memiliki otot terbentuk sempurna sudah pasti rasa percaya diri juga akan meningkat. Hal ini mengakibatkan banyak pria diluar sana ingin membuat badan berotot dengan mudah dan aman. Mereka juga tidak segan menerapkan berbagai gerakan fitness untuk memudahkan badan membentuk otot secara efektif. Langkah membuat badan berotot pun ternyata tidak bisa diperoleh dengan rutin melakukan latihan saja, tetapi juga diimbangi dengan berbagai asupan makanan dengan gizi seimbang.

Cara Membuat Badan Berotot Dengan Mudah

Banyak hal yang berpengaruh terhadap terbentuknya otot seseorang. Mulai dari kecukupan nutrisi, olahraga, pola hidup, hingga kondisi psikis yang menunjang. Beberapa cara membuat badan berotot bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Perhatikan Kebutuhan Kalori Harian

Ketika anda makan, maka secara otomatis massa otot juga akan bertambah. Oleh sebab itu, saat anda berkeinginan untuk membentuk otot yang baru dan sempurna baiknya anda memerhatikan kebutuhan kalori anda. Kalori yang dimakan harus lebih tinggi dibandingkan dengan kalori yang terbakar saat latihan gerakan tertentu.

2. Makanan Mengandung Protein

Makanan dengan kandungan protein yang tinggi sangat bermanfaat untuk membentuk otot yang baru. Protein dibutuhkan sebanding dengan kalori untuk menghasilkan energi serta pembentukan otot. Kebutuhan protein yang tidak tercukupi saat anda menjalankan latihan justru akan membuat protein dari otot terserap oleh tubuh yang membutuhkan energi lebih banyak.

3. Makanan Cukup Lemak

Lemak tidak hanya dinilai sebagai “musuh” bagi tubuh. Lemak juga dibutuhkan sebagai cadangan makanan serta bertanggung jawab untuk pembentukantulang serta otot. Selain itu, lemak juga diperlukan ketika kelenjar dalam tubuh tengah memproduksi berbagai jenis hormon. Mengonsumsi makanan cukup lemak dan mengandung lemak baik akan sangat bermanfaat membantu massa otot anda. Bahan ini bisa diperoleh dari lemak omega 3 yang banyak terkandung dalam ikan.

4. Lebih Sering Makan

Menambahkan frekuensi makan anda juga disarankan untuk membuat badan lebih berotot. Tubuh manusia hanya bisa memproses kalori pada jumlah tertentu saja, itulah sebabnya kalori tubuh pun harus selalu tercukupi. Menambahkan kalori bukan dengan menambah porsi makan alias makan lebih banyak. Akan tetapi, anda bisa memulainya dengan lebih sering makan dalam porsi yang kecil. Nantinya, hal ini akan membuat kalori yang anda konsumsi terbakar dengan baik secara keseluruhan dan tidak ada yang tertimbun menjadi lemak.

5. Banyak Konsumsi Air

Latihan otot untuk membentuk badan berotot membutuhkan banyak asupan cairan. Otot yang sedang anda latih, kemungkinan besar akan selalu mengalami dehidrasi. Nah, ketika otot sudah mengalami dehidrasi maka otot pun akan susah untuk diperbaiki kembali. Cobalah sering mengonsumsi air putih untuk menjaga otot dari dehidrasi dan membuang racun tubuh melalui keluarnya keringat saat berlatih.

6. Istirahat Cukup

Faktor penting yang terkadang diabaikan adalah beristirahat dengan baik. Istirahat tidak hanya dilihat dari waktu yang lama saja, tetapi lebih pada istirahat yang berkualitas. Hindari kurang tidur karena akan menimbulkan perubahan sistem metabolisme tubuh yang artinya menghambat pembentukan otot maupun tulang mencapai keinginan anda. Usahakan waktu istirahat yang berkualitas agar sistem metabolisme tubuh dapat berjalan baik dan mudah menerima asupan gizi yang seimbang.

7. Kelola Kondisi Psikis

Kondisi psikis juga menjadi perhatian bagi mereka yang mengalami masalah bentuk tubuh. Bagi mereka yang ingin membentuk otot tubuh lebih besar dan berisi disarankan untuk pandai mengelola kondisi psikis dengan baik. Selain stres, kondisi psikis yang seringkali dialami adalah emosi dan kurang bergairah ketika menghadapi suatu masalah tertentu.

Cobalah untuk memperbaiki kondisi psikis dengan cara yang ringan seperti instrospeksi diri, meditasi atau yoga ringan, serta mulai menerima semua masalah sebagai jalan hidup yang wajar. Pemikiran positif semacam ini akan membantu tubuh menghasilkan hormon yang sehat dan berguna untuk menunjang keinginan anda memiliki badan berotot.

8. Asupan Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan sumber vitamin alami yang wajib menjadi menu harian anda. Apalagi ketika anda sedang menjalani banyak latihan untuk membentuk otot tubuh. Sayuran berwarna yang sehat dan diolah dengan baik bersama sumber vitamin dan mineral lainnya akan sangat bermanfaat untuk menunjang program anda. Selain sayuran, anda juga wajib mengimbangi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan segar akan membantu tubuh meningkatkan fungsi metabolisme serta memperbaiki pencernaan untuk memudahkan pembentukan postur yang ideal.

9. Olahraga Rutin

Olahraga rutin sudah wajib dilakukan bagi siapapun yang ingin sehat. Begitu juga ketika membentuk otot pada tubuh. Anda juga bisa melakukan berbagai latihan penunjang yang membantu pembentukan otot secara alami. Latihan ini tidak perlu dilakukan di tempat fitness. Anda bisa juga memanfaatkan benda disekeliling anda untuk memulai latihan. Gunakan anak tangga untuk latihan otot kaki, kursi untuk latihan otot paha dan punggung, serta masih banyak lagi. Beberapa jenis latihan atau gerakan olahraga yang disarankan antara lain seperti, angkat beban, sit up, push up, pull up, squat, dan masih banyak lagi jenis latihan lain yang bisa dipraktikkan dengan mudah.

  • Angkat beban, boleh dilakukan dengan bantuan barbell, dumbel, atau sejenisnya. Latihan ini akan membantu produksi hormon meningkat dengan terpacunya adrenalin.
  • Push up dan Sit up, olahraga ini dilakukan ketika anda ingin membentuk otot bagian perut dan dada. Lakukan latihan dengan periode yang bertambah sedikit demi sedikit untuk hasil yang optimal.
  • Squat, merupakan gerakan yang umum dilakukan saat angkat besi. Bedanya, anda tidak perlu mengangkat besi yang berat seperti atlet yang sudah terlatih. Cukup dengan menaruh beban beberapa kilogram di pundak anda untuk kemudian melakukan gerakan jongkok-berdiri, secara berulang-ulang. Gerakan ini untuk membentuk otot pinggul serta kaki.
  • Pull Up adalah gerakan yang membutuhkan alat bantuan untuk bergelantungan. Gerakan ini biasanya hanya dilakukan dengan menaik-turunkan tubuh secara perlahan sambil tangan bergelantung di sebuah besi. Gerakan Pull up dilakukan untuk membentuk otot pundak serta punggung.

10. Konsisten Berlatih

Berlatih membentuk otot badan bukan hal yang mudah. Banyak godaan yang pasti akan menyambangi anda. Untuk itu, kekonsistenan dalam berlatih dan melakukan berbagai kebiasaan sehat juga harus dilakukan dengan baik. Ingatlah bahwa tujuan utama anda adalah perubahan bentuk badan yang lebih berotot dan sehat.

11. Menjaga Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat bukan hanya dari makanan dan minuman saja, tetapi juga berbagai kebiasaan penunjang yang bisa mengakibatkan tubuh bermetabolisme dengan lancar dan baik. Menjalani pola hidup sehat pun tidak mudah, dan membutuhkan kegigihan untuk menolak berbagai godaan. Mulai dari berhenti merokok bagi anda yang perokok, menghindari minuman alkohol di saat pesta teman, dan menjauhi begadang malam hari meski anda sedang bekerja. Pola hidup yang sehat akan membantu psikis dan tubuh anda menghasilkan perubahan yang positif dalam hal kesehatan.

12. Mengonsumsi Multivitamin

Multivitamin memang dibutuhkan bagi siapa saja untuk menunjang kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Namun, bagi anda yang menghendaki tubuh berotot, otomatis kebutuhan vitamin dan mineral juga lebih tinggi dibandingkan mereka yang biasa-biasa saja. Lakukan konsultasi dengan dokter atau pelatih fitness anda untuk kebutuhan suplemen yang tepat. Bila ingin lebih alami, anda bisa saja mencoba dengan berbagai bahan murni seperti susu, madu, telur dan sebagainya.

Bagi anda yang ingin membuat badan berotot dengan alami dan aman memang dibutuhkan waktu yang cukup lama. Tentu saja, ini harus diimbangi dengan keteguhan dan kesabaran dalam berlatih. Namun, bila semua metode telah dilakukan dan anda konsisten dengan tujuan tersebut bukan tidak mungkin badan berotot bisa diperoleh dalam waktu kurang dari dua bulan.

Demikian artikel yang berkaitan dengan cara membuat badan berotot yang bisa dipraktikan dengan mudah dan aman untuk rekomendasi anda. Semoga bermanfaat!


Pencarian:

  • cara membuat badan berotot
  • badan berotot ideal
  • cara bikin badan berotot
  • cara cepat badan berotot
  • tips agar badan ber otot tanpa olahraga fitnes
  • agar tubuh kecil berotot
  • Bikim cepat berotot
  • cara agar badan berotot dan tinggi
  • cara agar tubuh jadi berotot pakai alat sederhana
  • Cara buat badan
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.