Informasi Kecantikan, Kesehatan, psikologi, Ibu dan Anak

12 Cara Memperbanyak Asi Dan Melancarkannya Dengan Mudah

Air Susu Ibu atau dikenal dengan ASI memang merupakan kebutuhan yang utama bagi bayi yang baru lahir. Bayi yang baru saja dilahirkan membutuhkan asupan gizi untuk pertumbuhannya selama enam bulan ke depan hanya dari ASI yang diberikan oleh sang ibu. Namun, bagaimana ketika ASI milik sang ibu tidak bisa lancar atau keluar hanya sedikit saja? Inilah yang banyak dikeluhkan sebagian besar wanita yang menyusui dan menjalani kehidupannya sebagai wanita karir. Oleh sebab itu, bagi mereka sangat penting mengetahui cara memperbanyak ASI untuk kebutuhan nutrisi buah hati tercinta.

Bagi seorang ibu menyusui yang ternyata tidak mampu menghasilkan ASI dengan lancar, tentu hal ini menjadi problem tersendiri. Masalah tersebut tidak hanya berdampak secara fisik tetapi juga mental bagi sang ibu. Biasanya ada beberapa penyebab ASI yang tidak bisa dihasilkan secara lancar dan banyak. Untuk mengetahui berbagai hal terkait dengan tidak lancarnya ASI serta cara memperbanyak ASI yang ampuh, silahkan disimak artikel ini hingga tuntas.

Penyebab ASI Tidak Lancar

ASI yang tidak lancar bukan hanya berasal dari faktor alami saja, tetapi juga berbagai kondisi yang memungkinkan bagi si bayi dan ibu kurang mengalami stimulasi. Selain itu, ada juga kondisi internal yang dialami sang ibu, misalnya ketika mengalami stres, terpapar asap rokok, pernah melakukan operasi payudara, serta gangguan hormonal lainnya. Dari kesimpulan tersebut maka cara memperbanyak ASI bukan hanya dengan memberikan suplemen atau makanan yang bisa melancarkan ASI saja, tetapi juga dengan melakukan kebiasaan yang mendukung keluarnya ASI dengan lancar.

Cara Memperbanyak ASI yang Ampuh

Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya, ASI bukan hanya dipengaruhi oleh faktor gizi saja, tetapi juga banyak didukung oleh kebiasaan penunjang agar ASI bisa keluar dengan lancar. Nah, beberapa cara memperbanyak ASI diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Pemijatan Payudara

Pemijatan payudara secara lembut akan membantu kelenjar di sekitar payudara terangsang dan mampu membantu produksi ASI lebih lancar. Pemijatan pun dilakukan dengan beberapa teknik memijat payudara yang benar seperti yang dijelaskan pada langkah berikut ini.

  • Mulai dari bagian pangkal payudara kemudian tekan dinding payudara menggunakan jari telunjuk dan jari tengah.
  • Pemijatan dilakukan secara melingkar pada bagian luar payudara, buat gerakan memutari payudara hingga menuju puting mirip dengan bentuk racun nyamuk. Lakukan gerakan ini selama 30 detik.
  • Gerakan tersebut hanya dilakukan dari pangkal menuju ke puting dan bukan sebaliknya.

Payudara yang rutin dilakukan pemijatan akan membantu meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Dengan catatan, bahwa pemijatan tersebut dilakukan dengan teknik yang tepat.

2. Menyusui Dengan Posisi yang Benar

Sudahkah anda menyusui dengan posisi yang benar dan disarankan? Inilah yang banyak dialami wanita menyusui. Mereka mengeluhkan beberapa posisi menyussi yang kemudian menyebabkan ASI tidak keluar dengan lancar. Anda perlu melatih posisi menyusui yang benar menurut anjuran dokter.

3. Asupan Gizi Selama Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan gizi dalam kadar yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang belum mengalami masa kehamilan dan menyusui. Oleh sebab itu, penting diperhatikan ketika masa kehamilan tiba untuk memberikan asupan gizi yang optimal bagi pertumbuhan sang janin dan produksi ASI ketika nanti bayi telah lahir.

4. Memberikan Kedua Payudara Saat Menyusui

Hindari memanfaatkan satu payudara saja ketika menyusui buah hati anda. Ini bisa berisiko semakin berubah bentuk payudara anda dan menyebabkan ASI tidak lancar di payudara lainnya. Bila anda menyusui secara bergantian dengan memanfaatkan kedua payudara, tentunya kelenjar di sekitar payudara juga akan bekerja secara stabil untuk menghasilkan ASI yang banyak.

5. Gunakan Pompa ASI

Melakukan pompa pada payudara juga bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin memperbanyak produksi ASI. Dengan melakukan pompa payudara, maka payudara akan terangsang untuk memproduksi ASI lebih banyak.

6. Tambahkan Suplemen

Suplemen untuk memperlancar ASI juga diperlukan bila anda yakin bahwa ternyata tubuh anda membutuhkannya. Namun, sebelum memutuskan mengonsumsi suplemen penambah ASI, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Hal ini dikarenakan pengaruh kandungan suplemen bisa saja memengaruhi kualitas ASI atau kondisi bayi anda.

7. Mengonsumsi Bahan Makanan Pelancar ASI

Banyak bahan alami yang diklaim mampu membantu produksi ASI lebih banyak. Nah, kenapa anda tidak memanfaatkannya? Bahan alami seperti daun katuk, pepaya, wortel dan berbagai jenis sayuran yang kaya akan asam folat bisa menjadi menu anda sehari-hari yang berguna untuk meningkatkan produksi ASI.

8. Mengurangi Stres

Stres menjadi faktor hormonal yang bisa membuat produksi ASI tidak lancar. Untuk itu, bagi anda yang tengah menyusui, cobalah untuk menghilangkan atau mengurangi tingkat stres yang anda rasakan. Stabilkan emosi anda baik terhadap pasangan maupun diri sendiri untuk bisa menghasilkan ASI lebih berkualitas.

9. Mencukupkan Istirahat

udah bukan rahasia lagi bila ibu menyusui tentu mengalami waktu yang tidak terkontrol dengan baik, terutama untuk berstirahat. Cobalah mengatur jadwal istirahat atau tidur anda secara rutin. Misalnya, anda memutuskan untuk ikut tidur ketika di kecil tengah tertidur pulas untuk menghasilkan stamina yang lebih baik bagi kondisi tubuh anda.

10. Menyusui Setiap 2- 3 Jam

Susunlah jadwal menyusui secara teratur untuk bisa membantu menghasilkan ASI yang lancar. Setidaknya, jadwal menyusui yang disarankan adalah setiap 2-3 jam sekali sampai bayi berusia enam bulan pertama.

11. Ciptakan Suasana Tenang

Tidak hanya bagi bayi saja, suasana menyusui yang tenang juga dibutuhkan bagi sang ibu untuk merangsang produksi ASI mereka. Dengan menciptakan suasana tenang, sang ibu dan bayi akan lebih merasa rileksasi dan terjalin kedekatan yang bisa memengaruhi hormon ibu untuk produksi ASI lebih lancar.

12. Rajin Menyusui

Hal ini perlu diterapkan ketika anda berkeinginan untuk berhenti menyusui. Pastikan ketika mengetahu ASI tidak lancar, anda tetap berusaha menyusui guna merangsang payudara anda. Inilah yang biasanya jarang dilakukan oleh mereka saat menyadari payudaranya tidak bisa menghasilkan ASI secara maksimal.
ASI tidak hanya perkara menghasilkan air susu dalam jumlah yang banyak, tetapi juga diwajibkan berkualitas. Untuk itu, ibu menyusui juga penting untuk mengetahui beberapa bahan alami sebagai tambahan nutrisi agar ASI yang dihasilkan juga berkualitas untuk si kecil. Nah, dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi yang kaya akan kandungan asam folat, Ibu tidak hanya bisa menghasilkan ASI dalam jumlah banyak dan berkualitas tetapi juga penting untuk menjaga stamina dari ibu menyusui.
Demikian artikel informatif tentang cara memperbanyak ASI yang semoga bisa menjadi referensi bagi anda para ibu menyusui. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!


Pencarian:

  • cara memperbanyak asi dengan cepat
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.