Informasi Kecantikan, Kesehatan, psikologi, Ibu dan Anak

12 Cara Memutihkan Gigi Dengan Cepat Dan Permanen Dengan Bahan Rumahan

Gigi menjadi satu diantara bagian tubuh seseorang yang kerap mendapat sorotan. Bila anda termasuk orang yang peduli akan penampilan, apalagi gemar bersosialisasi, tentu memiliki gigi yang menarik dan terlihat putih adalah kebanggaan tersendiri. Namun, ternyata tidak mudah memiliki gigi yang putih cemerlang. Hal ini tentu dikarenakan berbagai faktor, mulai dari jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi maupun kebiasaan lain yang sangat berpengaruh pada warna gigi alami.

Cara instan untuk memutihkan gigi biasanya dilakukan dengan bleaching gigi atau veneer. Metode praktis ini biasanya digunakan untuk mengembalikan warna putih gigi dengan melapisi gigi menggunakan bahan yang mirip dengan struktur enamel atau lapisan gigi terluar. Sayangnya, memutihkan gigi dengan cepat menggunakan langkah tersebut tidak bisa dijalankan dengan biaya yang murah. Untuk satu gigi saja, harganya bisa jutaan rupiah. Jadi, alangkah baiknya anda yang ingin memutihkan gigi dengan cepat mencoba cara tradisional yang bukan hanya lebih aman tetapi juga nyaman di kantong.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Cepat Dan Terjangkau

Berikut adalah beberapa langkah dan cara memutihkan gigi dengan cepat menggunakan bahan rumahan yang bisa anda praktikkan, antara lain.

1. Baking Soda

Kegunaan alami backing soda bukan hanya untuk mempercantik tampilan kue buatan anda. Backing soda pun terkenal dengan berbagai manfaat alaminya untuk memperbaiki kesehatan gigi dan mulut. Selain untuk membantu atasi karang gigi, backing soda juga sebagai bahan alami untuk mengembalikan warna putih gigi anda. Backing soda memiliki khasiat memudarkan plak serta warna kuning pada gigi.

Untuk menggunakannya, cobalah campurkan backing soda sebanyak dua sendok makan dengan satu sendok makan pasta gigi. Setelah itu, cukup gunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi anda menggunakan sikat gigi lembut. Seperti biasa, bilas dengan menggunakan air hingga bersih.Langkah ini akan membuat warna kuning gigi memudar secara perlahan bila dilakukan secara rutin. Baking soda juga bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak secara ampuh.

2. Strawberry

Buah mungil dengan rasa yang asam ini mengandung vitamin C yang berjumlah cukup besar. Manfaat alami strawberry untuk gigi dan mulut adalah membantu menghilangkan warna kuning gigi serta menjaga mulut dari serangan bakteri jahat. Cukup oleskan buah strawberry pada bagian gigi dan diamkan selama lima menit, kemudian kumur dengan air hingga bersih. Meskipun ampuh, langkah ini tidak bisa dilakukan setiap hari karena kandungan asam buah yang ada pada strawberry justru bisa membuat lapisan email pada gigi semakin tipis.

3. Kulit Pisang

Selain buahnya, ternyata pisang juga bisa dimanfaatkan kulitnya. Ya, pisang termasuk buah yang bisa membantu mengembalikan warna putih alami gigi anda. Namun, bukan dengan daging buahnya ya! Anda bisa mengembalikan warna putih gigi menggunakan kulit pisang. Setelah anda mengonsumsi pisang, sebaiknya jangan buru-buru membuang bagian kulit pisangnya. Gosokkan bagian dalam kulit pisang tersebut pada gigi yang kuning. Bila sudah merata, bersihkan atau kumur dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Langkah ini efektif untuk memudarkan warna kuning pada gigi.

4. Kulit Jeruk

Selain kulut pisang, kulit buah lainnya yang bisa anda manfaatkan untuk memutihkan gigi secara alami adalah jeruk. Jeruk bisa dimanfaatkan kulitnya sebagai penggosok bagian gigi yang kuning. Dengan catatan, gigi harus dalam keadaan bersih atau setelah menyikat gigi terlebih dulu. Gosok bagian kulit jeruk tersebut pada gigi yang kuning dan kumurlah sesudahnya. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari selama satu minggu berturut-turut untuk menghasilkan gigi yang putih alami.

5. Lemon

Tidak hanya menyegarkan saat dahaga dan dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak, lemon juga diperkaya dengan berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk gigi dan mulut. Banyak khasiat alami yang bisa anda peroleh dengan menggunakan lemon sebagai bahan alami merawat gigi dan mulut. Untuk mengembalikan warna alami gigi anda, sediakan satu buah lemon yang telah dicuci bersih dan potong menjadi beberapa bagian kecil.

Cara memutihkan gigi dengan cepat dengan lemon yakni; Pakailah bagian dalam lemon tersebut untuk menggosok-gosok gigi yang kuning dengan gerakan memutar. Diamkan selama lima menit saja, kemudian kumur hingga bersih. Menggunakan lemon dengan rutin setiap dua hari sekali akan memudarkan warna kuning yang ada di lapisan gigi.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat berfungsi untuk memperbaiki lapisan gigi yang telah hilang warna alaminya. Penggunaan minyak kelapa sebagai pemutih alami gigi juga bisa dikatakan mudah untuk anda praktikkan dirumah. Sediakan satu sendok makan minyak kelapa dan campurkan dengan setengah cangkir cuka apel. Setelah tercampur, gunakan larutan tersebut untuk berkumur setiap pagi dan malam hari. Usahakan saat berkumur, mulut dalam keadaan bersih ya! Setelah itu, kumur hingga 1 menit dan bilas dengan air hangat. Langkah ini mudah dan efektif mengembalikan warna alami gigi dalam waktu singkat.

7. Garam

Garam terbukti ampuh untuk mengembalikan warna alami gigi anda. Sayangnya, menggunakan garam sebagai langkah memutihkan gigi secara alami tidak bisa dilakukan setiap hari. Garam juga mengandung bahan yang bisa merusak lapisan terluar pada gigi, jadi anda harus mengatur penggunaannya dengan aneka bahan berkhasiat lainnya.

Untuk menggunakan garam sebagai langkah memutihkan gigi, sediakan satu sendok teh garam dapur dan perasan lemon. Campur kedua bahan tersebut dan pastikan gigi anda bersih terlebih dulu. Setelahnya, gosokkan garam pada gigi yang menguning secara perlahan. Diamkan selama 3 menit saja, kemudian bilas dengan berkumur air hangat.

8. Biji Buah Pinang

Biji buah pinang juga bisa dipakai sebagai alat untuk mengembalikan warna alami gigi. Cukup dengan mengupas buah pinang dan ambil bijinya. Saat senggang, cuci bersih biji buah pinang tersebut dan gosokkan pada gigi yang kuning. Lakukan kebiasaan ini dengan rutin untuk mendapatkan gigi yang putih alami lebih cepat. Anda bisa menggunakan satu biji buah pinang untuk dua kali perawatan.

9. Arang kayu

Meski terdengar aneh, namun arang kayu sudah banyak digunakan sebagai langkah alami mendapatkan gigi yang putih. Bahkan, banyak yang sudah melihat hasil dari pemakaian arang kayu sebagai pasta gigi alami. Ya, tumbuk halus arang kayu kemudian gunakan untuk menggosok gigi anda secara rutin, bilas menggunakan air hingga bersih dengan berkumur dan lihat hasil yang tampak selama satu minggu melakukan perawatan ini.

10. Siwak

Mungkin siwak sudah dikenal sejak lama sebagai bahan perawatan gigi yang efektif. Siwak pun saat ini dengan mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional. Anda bisa menggosok gigi yang kuning dengan menggunakan siwak setelah menyikat gigi dengan pasta gigi seperti biasa. Langkah menggosok gigi dengan siwak ini bisa dilakukan dengan rutin untuk mengembalikan warna putih alami gigi anda dengan cepat.

11. Daun Sirih

Pernah membuat pasta gigi alami dengan daun sirih? Jika belum, beginilah langkah yang bisa anda lakukan untuk memutihkan gigi dengan cepat. Sediakan beberapa lembar daun sirih kemudian cuci bersih. Tambahkan kulit jeruk lemon atau jeruk nipis. Keringkan kedua bahan tersebut dibawah terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah kering tumbuk halus hingga menjadi seperti serbuk. Gunakan serbuk daun sirih dan campuran kulit jeruk tersebut sebagai pasta gigi alami sebelum tidur. Bilas dengan berkumur seperti biasa untuk mendapatkan gigi yang putih dan sehat serta napas yang segar. Selain bermanfaat untuk memutihkan gigi, daun siri juga bisa digunakan untuk menghilangkan bisul.

12. Seledri

Manfaat alami seledri juga bisa anda gunakan untuk memutihkan gigi. Seledri mengandung selulose yang berfungsi alami membersihkan gigi serta kandungan air yang tinggi untuk membantu menjaga kebersihan rongga mulut. Cukup dengan mengunyah seledri mentah, kemudian berkumur dengan air hangat untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Selain rangkaian cara memutihkan gigi dengan cepat yang telah dipaparkan diatas menggunakan bahan alami, anda juga wajib menghindari berbagai kebiasaan yang bisa menyebabkan gigi berwarna kekuningan. Kebiasaan tersebut antara lain adalah merokok, mengonsumsi alkohol, atau hindari makanan yang terlampau manis setiap harinya. Sebaiknya, rutin periksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter sekaligus membersihkan plak yang nantinya akan berpengaruh pada warna alami gigi anda dan kesehatan lapisan gigi. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.