Informasi Kecantikan, Kesehatan, psikologi, Ibu dan Anak

12 Cara Mencegah Asam Urat Dengan Perubahaan Pola Hidup Dan Makanan Alami


Asam Urat dikenal sebagai penyakit yang banyak menyerang mereka yang lanjut usia. Penyakit asam urat juga sering disebut sebagai encok yang merupakan bentuk dari penyakit arthritis dengan gejala kemerahan, bengkak, serta rasa nyeri yang mendadak muncul di bagian persendian tubuh. Beberapa sendi yang seringkali mengalami penyakit asam urat ini seperti jempol kaki, lutut, pergelangan kaki, tangan dan siku, meski tidak menutup kemungkinan asam urat juga menyerang bagian tulang belakang. Asam urat banyak terjadi pada orang dewasa dengan rentang usia antara 30 hingga 50 tahun, dan berdasarkan survei yang dilakukan banyak pria yang cenderung mengalaminya dibandingkan wanita.

Penyakit asam urat disebabkan oleh kelebihan kadar purin dalam tubuh yang kemungkinan menumpuk selama beberapa tahun dalam tubuh manusia. Purin adalah suatu zat kimia yang secara alami diproduksi oleh tubuh, meski juga ada yang diperoleh dari makanan tertentu. Tingginya kadar purin yang masuk ke dalam tubuh akan berakibat tubuh mengolah asam urat dalam kadar yang lebih banyak. Oleh sebab itu, cara mencegah asam urat yang paling tepat dimulai dengan membatasi konsumsi zat purin tersebut.

Cara Mencegah Asam Urat Yang Efektif

Mencegah datangnya asam urat perlu dilakukan sebagai langkah anda untuk memiliki persendian yang sehat. Banyak bahan alami serta kebiasaan hidup sehat untuk membantu anda mencegah penyakit asam urat menghinggapi persendian anda. Berikut adalah beberapa langkah praktis yang bisa anda terapkan untuk pencegahan asam urat datang dan mengganggu kesehatan anda.

1. Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit asam urat datang. Air putih memang sudah terbukti mampu menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi risiko penyakit berat yang bisa mengganggu kehidupan anda. Kadar air putih yang harus dikonsumsi manusia normalnya adalah sekitar 12 gelas setiap harinya, namun tidak menutup kemungkinan anda bisa menaikkan jumlahnya bila melakukan aktifitas cukup padat. Air putih akan menjadi penetral alami serta memperlancar metabolisme tubuh anda. Ketika air putih dikonsumsi secara rutin dan tepat jumlahnya, maka sisa hasil metabolisme yang tidak dibutuhkan seperti asam urat bisa terbuang sempurna.

2. Atur Konsumsi Kopi

Dari penelitian yang telah dilakukan, kopi ternyata mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh anda. Anda bisa mencoba treatment minum kopi setiap pagi hari, tentunya sesudah sarapan untuk membantu mengurangi tingkat asam urat yang tertimbun di tubuh anda. Perlu diketahui pula, minum kopi untuk mengurangi asam urat ini juga harus dikonsultasikan terlebih dulu bila anda memiliki riwayat penyakit lambung atau alergi kafein.

3. Hindari Alkohol

Tidak hanya sia-sia, kebiasaan mengonsumsi alkohol sangat berisiko meningkatkan ancaman penyakit termasuk asam urat. Apalagi, alkohol memang dikenal sebagai minuman dengan kadar purin sangat tinggi yang bisa membahayakan persendian anda. Kandungan purin yang ada di minuman beralkohol bisa berpengaruh pada fungsi persendian serta jaringan otot anda.

4. Berolahraga Teratur

Selain mengatasi asam urat dengan pola hidup yang sehat, anda pun disarankan untuk melakukan olahraga. Usahakan tubuh selalu bergerak meski hanya sebentar untuk mengeluarkan sisa metabolisme yang tidak bermanfaat seperti asam urat. Selain itu, berolah raga juga bisa menjadikan persendian anda senantiasa selalu terlatih dan bugar.

5. Batasi Asupan Makanan

 

Bila anda termasuk hobi makan, sebaiknya rancang menu makanan yang anda konsumsi. Penyakit asam urat juga banyak diderita oleh mereka yang makan tanpa keteraturan sehingga menimbulkan obesitas. Obesitas juga menjadi ancaman bagi datangnya berbagai penyakit serius termasuk asam urat kronis. Anda bisa mengolah menu makanan dan porsi makanan anda untuk menghindari obesitas pada tubuh.

6. Konsumsi Susu

Biasanya karena penyakit asam urat yang sudah pasti menyerang persendian, maka anda bisa melapisi persendian anda dengan kalsium yang bisa diperoleh dari susu. Ya, dengan mengonsumsi susu murni, anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit asam urat tersebut. Susu juga efektif menghindarkan persendian anda dari risiko peradangan yang disebabkan oleh asam urat, bila anda sudah menderita penyakit ini.

7. Perhatikan Obat yang Dikonsumsi

Ketika anda sudah terdiagnosis mengalami penyakit asam urat, anda wajib memerhatikan kembali obat-obatan yang pernah dikonsumsi. Beberapa jenis obat ternyata sangat berisiko meningkatkan kadar asam urat tersebut, seperti obat dengan kandungan aspirin, obat niacin, obat diuretic, dan obat untuk penyakit Parkinson. Bila memungkinkan, obat bisa dihindari atau diganti berdasarkan petunjuk dari dokter yang merawat anda.

8. Konsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C alami sangat disarankan bagi anda yang menderita asam urat. Vitamin C juga berfungsi untuk mencegah peningkatan purin di dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit tersebut. Cobalah dengan mengonsumsi beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Usahakan buah yang anda konsumsi, diolah secara alami tanpa m seperti jus tanpa tambahan gula dan sejenisnya.

9. Makanan Berserat

Selain makanan dengan kandungan vitamin yang tinggi, makanan dengan serat alami juga dibutuhkan sebagai langkah pencegahan asam urat yang meningkat di dalam darah. Meskipun makanan berserat tidak mudah diserap tubuh, namun kehadiran serat alami ini mampu melancarkan pencernaan serta proses metabolisme tubuh. Makanan berserat seperti brokoli, mentimun, barley dan sejenisnya juga bisa menyerap asam urat dalam darah sehingga membantu membuang asam urat tersebut dari tubuh anda.

10. Makanan Antioksidan

Makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi dibutuhkan ketika anda ingin terhindar dari segala jenis penyakit. Tidak terkecuali ketika anda ingin terbebas dari ancaman penyakit asam urat ini. Asam urat bisa dicegah ketika kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan terpenuhi asupan nutrisi pentingnya. Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan atau buah dengan kadar antioksidan yang alami. Misalnya seperti, strawberry, manggis, buah cherry, dan sayuran berwarna.

11. Menjaga Kesehatan Tubuh

Penyakit asam urat juga bisa muncul ketika tubuh anda mengalami komplikasi penyakit lainnya seperti diabetes, obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi dan sejenisnya. Seseorang yang sudah mengalami beberapa penyakit tersebut, besar kemungkinan akan menderita penyakit asam urat. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda menerapkan cara mencegah asam urat dengan tepat untuk menjaga kesehatan tubuh anda secara kompleks.

12. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan teknik yang sudah terbukti mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memasak sebagai pengganti minyak goreng. Minyak zaitun diperkaya kandungan klorin yang melancarkan pembuangan zat sisa dalam tubuh seperti asam urat. Selain itu, minyak zaitun juga mampu menetralkan asam urat dalam darah dengan menurunkan kelebihan vitamin E.

Penyakit asam urat bisa dihindari dengan menjalankan pola hidup sehat yang mencakup pola makan, istirahat, hingga rutinitas keseharian. Bagi anda yang memang belum pernah mengalami penyakit asam urat, alangkah baiknya mencegah penyakit ini dengan menerapkan berbagai langkah pencegahan tersebut.

Demikian artikel yang berkaitan dengan cara mencegah asam urat yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit asam urat menyerang tubuh anda. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.