Informasi Kecantikan, Kesehatan, psikologi, Ibu dan Anak

12 Cara Mengatasi Batuk Berdahak Yang Manjur, Efektif Dan 100% Alami

Batuk adalah sejenis penyakit yang disebabkan oleh virus dan beberapa penyakit lainnya yang kemudian mengakibatkan peradangan pada tenggorokan. Terdapat dua jenis batuk secara umum yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Keduanya memiliki gejala yang berbeda dan harus ditangani secara berbeda pula. Untuk batuk berdahak, ternyata membutuhkan pengobatan yang lebih intens guna mengeluarkan dahak yang ada di tenggorokan. Oleh karenanya, anda perlu mengetahui langkah yang tepat sebagai cara mengatasi batuk berdahak.

Batuk berdahak tidak selalu membutuhkan obat-obatan kimia yang jelas mengandung berbagai risiko. Anda bisa mencoba cara alami terlebih dulu agar batuk berdahak hilang dengan cepat. Cara mengatasi batuk berdahak beserta beberapa penyebab dan pencegahannya bisa anda simak dalam artikel berikut ini.
Penyebab Batuk Berdahak

Batuk berdahak bermacam-macam penyebabnya yang bukan hanya virus semata. Tidak jarang, batuk berdahak juga menjadi awal dari diagnosa penyakit yang serius seperti TBC, bronchitis atau penyakit jantung. Namun, bagi sebagian orang yang hanya mengalami batuk berdahak kurang dari seminggu, maka batuk tersebut bukanlah bagian dari gejala penyakit serius seperti yang disebutkan.

Beberapa penyebab batuk berdahak bisa dikarenakan munculnya peradangan pada saluran pernapasan. Selain itu, batuk berdahak juga bisa disebabkan karena paparan asap rokok atau kendaraan serta polusi udara. Sebelum mengetahui langkah mengatasi batuk berdahak, anda juga perlu mengetahui penyebab batuk berdahak yang anda alami terlebih dulu.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Dengan Bahan Alami

Berbagai bahan alami yang ada disekitar kita sudah terbukti memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan. Untuk mengatasi batuk berdahak, anda pun bisa menggunakan bahan alami yang dengan mudah bisa diperoleh. Berbagai langkah yang bisa dilakukan dengan bahan alami sebagai cara mengatasi batuk berdahak antara lain dipaparkan dalam ulasan berikut ini.

1. Jeruk Nipis

Khasiat jeruk nipis ternyata juga terkait dengan batuk berdahak. Ya, bahan alami yang satu ini bermanfaat pula untuk mengatasi gangguan seperti batuk berdahak. Jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan batuk berdahak dengan mengencerkan dahak penyebab batuk tersebut. Cobalah mengonsumsi air hangat yang telah dicampur dengan beberapa sendok perasan jeruk nipis. Atau bila memungkinkan, langsung saja konsumsi dua sendok makan perasan jeruk nipis untuk mengurangi batuk yang anda alami.

2. Kunyit

Rempah berwarna oranye ini juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, kunyit bisa menjadi pilihan anda yang ingin mengatasi batuk berdahak. Caranya pun cukup mudah, cobalah mengupas beberapa ruas rimpang kunyit, kemudian parut dan peras airnya. Campurkan perasan kunyit tersebut dengan madu dan susu hangat, kemudian bisa digunakan untuk minuman sebelum tidur anda. Selain membantu mengencerkan dahak pagi harinya, minuman ini juga berkhasiat membuat tidur anda lebih nyenyak dan tidak terganggu dengan batuk berdahak di malam hari.

3. Madu dan Merica

Madu mengandung banyak manfaat yang bisa dipakai untuk mengatasi gangguan kesehatan, termasuk batuk berdahak dan batuk kering. Nah, anda bisa juga menggunakan madu untuk mengatasi batuk berdahak yang diderita. Campurkan dua sendok makan madu pada teh panas, kemudian tambahkan merica pada teh tersebut. Perpaduan madu dengan lada atau merica ini akan memberikan sensasi hangat yang berguna untuk menghilangkan batuk berdahak anda.

4. Blimbing Wuluh

Blimbing wuluh memiliki khasiat yang hampir sama dengan jeruk nipis maupun lemon. Blimbing wuluh yang direbus bersama air hangat, akan membantu mengatasi batuk berdahak yang anda alami. Minum air rebusan blimbing wuluh selagi hangat adalah cara efektif untuk menghilangkan batuk disertai dahak.

5. Teh Jahe

 

Jahe merupakan minuman yang disarankan ketika anda mengalami batuk berdahak. Pasalnya, jahe tidak hanya mengandung anti peradangan, tetapi juga anti bakteri, sehingga mampu membantu meringankan batuk berdahak. Konsumsi teh jahe yang sudah banyak dijual di apotek atau dengan membuatnya sendiri dengan menyeduh jahe dan air panas. Bila perlu tambahkan sedikit madu pada larutan tersebut dan minum selagi hangat.

6. Daun Sirih

Kaya manfaat juga dimiliki oleh daun sirih. Tanaman yang satu ini benar-benar memiliki khasiat yang banyak untuk manusia. Salah satunya adalah untuk membantu mengatasi batuk berdahak. Cara mengatasi batuk berdahak menggunakan daun sirih adalah sebagai berikut:

  • Ambil 5-7 lembar daun sirih, cuci bersih dan masukan ke dalam panic berisi 3 gelas air
  • Didihkan air tersebut kemudian tambahkan kapulaga, kayu manis, serta cengkeh.
  • Tunggu hingga air menyusut setengahnya, saring ramuan dan minum satu sendok makan larutan ini selama tiga hari.

7. Air Putih dan Garam

Garam mengandung anti radang dan membantu menghancurkan bakteri penyebab batuk serta gangguan tenggorokan. Cobalah mencampurkan air panas dengan garam dapur sebanyak setengah sendok teh. Aduk larutan tersebut dan telan selagi hangat. Cara ini bukan hanya berfungsi melegakan tenggorokan dan menghilangkan rasa gatal tetapi juga menghilangkan bakteri yang ada di tenggorokan penderita batuk berdahak.

8. Teh Daun Mint

Daun Mint juga memiliki khasiat untuk menghilangkan batuk berdahak. Daun mint berkhasiat mengatasi batuk berdahak, gangguan pernapasan, hingga bronchitis akut. Anda bisa membuat teh daun mint dengan menyeduh beberapa lembar daun mint dan meminumnya selagi hangat tanpa tambahan gula.

9. Kemangi

Daun kemangi tidak hanya sedap sebagai penambah aroma makanan. Kemangi juga mengandung khasiat untuk mengencerkan dahak dan membantu mengeluarkannya. Caranya, anda bisa meminum air rebusan daun kemangi yang terlebih dulu disaring dan diambil setengah dari jumlah awal air yang direbus. Cara ini terbilang efektif untuk mengencerkan dahak yang mengganggu.

10. Anggur

Buah anggur yang mungil ternyata mengandung khasiat yang besar untuk membantu mengeluarkan dahak. Pada batuk berdahak, terapi mengonsumsi anggur sesudah sarapan akan membantu dahak keluar karena efek ekspektoran yang dimilikinya.

11. Sup Hangat

Sup hangat bisa menjadi cara efektif untuk membantu tubuh dan dada yang sesak karena dahak menjadi lebih lega. Sup hangat ini juga akan memberikan efek rileksasi bagi tubuh anda dan menghangatkan pernapasan saat mengalami batuk berdahak. Cobalah dengan menambahkan tambahan merica pada sup tersebut untuk memberikan efek keluarnya dahak.

12. Pemijatan

Melalui teknik pemijatan tertentu, anda bisa mencoba menghilangkan batuk berdahak yang mengganggu rutinitas anda. Pemijatan ini bisa dilakukan dengan cara memijat bagian punggung dengan mengoleskan minyak mint di bagian tersebut. Biasanya, batuk berdahak akan berkuran intensitasnya setelah dilakukan pemijatan perlahan secara rutin. Ini juga membantu keluarnya dahak yang menjadi penyebab batuk tersebut.

Mencegah Batuk Berdahak

Pencegahan batuk berdahak sebenarnya tidak perlu dilakukan secara efektif. Hanya saja, anda perlu menjaga kebersihan udara disekitar anda serta memerhatikan kembali makanan yang masuk ke dalam mulut. Mengingat batuk berdahak adalah bentuk peradangan disekitar tenggorokan, maka anda perlu menjaga asupan makanan atau minuman yang masuk melalui tenggorokan. Berbeda lagi jika ternyata batuk berdahak yang dialami merupakan gejala dari penyakit lain, anda perlu mengetahui informasi lebih lanjut dengan berobat ke dokter.

Demikian artikel informatif tentang cara mengatasi batuk berdahak secara alami yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.