Informasi Kecantikan, Kesehatan, psikologi, Ibu dan Anak

10 Cara Mengatasi Biduran Yang Terbukti Ampuh, Cepat Dan 100% Alami

Biduran diketahui adalah penyakit yang tidak hanya dialami oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat di seluruh dunia. Penyakit biduran ini dikenal dengan istilah kaligata atau secara alamiah berarti juga urtikara. Secara harafiah, penyakit ini terjadi karena adanya kondisi kulit yang tergolong sangat sensitivitas dalam menghadapi udara kotor, kesensitifan kulit ini kemudian ditunjukkan dengan aliran darah yang tidak akan kuat menahan kondisi ini kemudian menyebabkan kulit akan muncul tanda tanda seperti mengalami alergi. Akan tetapi ada kondisi biduran yang berbeda dengan kondisi alergi pada umumnya, seperti misalnya anda akan memiliki tanda seperti bentuk bercak atau bilur kemerahan yang sangat menonjol. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka mungkin saja seluruh badan anda akan mengalaminya dan memutih juga bisa membahayakan kesehatan anda.

Secara umum, kotoran yang dapat menyebabkan seseorang mengalami biduran dapat disebabkan oleh berbagai kondisi di lingkungan sekitar anda misalnya seperti saat seseorang terkena infeksi dari gigitan serangga (contoh: hewan ulat bulu, hewan kaki seribu, dll), kondisi ini akan membuat aliran darah yang tersedot oleh hewan serangga tersebut menjadi timbul rasa gatal yang terus menerus mengganggu anda dan ketenangan anda. Lebih lanjut kulit anda akan mengalami bentol bentol dan kemerahan di berbagai sisi tubuh. Tidak jarang juga seseorang dapat mengalami kondisi ini saat terkena debu, air hujan, dan banyak penyebab lainnya. Jadi berhati-hatilah dan hindari berbagai masalah kesehatan kulit yang mungkin menyerang anda.

10 Cara Mengatasi Biduran Di Tubuh Anda

Biduran dapat anda atasi dengan memeriksakan diri ke dokter, namun terkadang anda pun perlu mengetahui cara mengatasi biduran yang alami yang dapat anda lakukan dalam waktu singkat. Artinya, cara cara ini adalah upaya pertolongan pertama untuk mengurangi rasa gatal yang disebabkan biduran dan juga mencegahnya menjadi semakin parah. Sedikitnya ada 10 cara yang dpaat anda lakukan, ketahui hal tersebut pada bagian di bawah ini.

1. Minum Air Kelapa Hijau

Cara pertama untuk mengatasi biduran dapat anda lakukan dengan mengonsumsi air kelapa hijau. Kelapa hijau bagian airnya diketahui memiliki kemampuan untuk mengusir bakteri dan racun di dalam darah yang menyebabkan kulit gatal gatal. Itulah sebabnya, mengapa air kelapa hijau juga disarankan saat seseorang menderita campak. Anda dapat mengonsumsi air kelapa hijau ini dengan membelinya di penjual air kelapa hijau, atau juga dapat menyiapkannya sendiri dengan membelah kelapa hijau dan langsung mengonsumsinya dari batok kelapa dan masih sangat segar. Konsumsi air kelapa hijau ini baik anda lakukan setiap hari hingga biduran anda sembuh.

2. Mengonsumsi Air Rebusan Daun Sirih

Bahan alami selanjutnya yang dapat membantu mengatasi biduran anda adalah daun sirih. Namun, anda tidak perlu mengonsumsi daun sirih tersebut, cukup air rebusannya saja sudah sangat baik untuk menghilangkan racun dan virus dalam darah yang menyebabkan anda gatal gatal. Berikut ini langkah langkah untuk mengolah air rebusan daun sirih sebagai konsumsi saat anda biduran:

  • Siapkan sejumlah daun sirih dan bersihkan dengan air mengalir
  • Rebus daun sirih yang telah bersih dalam air secukupnya
  • Tunggu hingga mendidih, airnya berubah warna, dan surut jumlahnya
  • Konsumsi air rebusan daun sirih saat masih hangat

3. Mengompres Tubuh Menggunakan Air Dingin

Anda juga dapat memanfaatkan air dingin untuk dapat mengurangi rasa gatal dan bengkak akibat dari biduran ini. Saat seseorang mengalami biduran tentu akan sangat banyak bentol di tubuh yang gatal rasanya, tidak hanya gatal beberapa bagian tubuh pun dapat membengkak dan memerah. Anda dapat meredakan penderitaan karena gejala ini dengan melakukan kompres air dingin seperti berikut:

  • Siapkan air dingin dan handuk bersih untuk anda gunakan
  • Rendam handuk ke dalam air dingin dan tempelkan pada bagian tubuh yang mengalami biduran
  • Diamkan hingga kering dan rendam kembali
  • Ulangi beberapa kali hingga terasa mendingan

4. Ramuan Daun Kelor juga Bawang Merah

Selanjutnya, anda juga dapat mengatasi biduran yang menyerang tubuh anda dengan melakukan upaya seperti menggunakan bahan alami. Bahan alami ini diramu dengan menggunakan dua bahan yang mudah anda temukan. Bahan tersebut antara lain adalah daun kelor dan juga bawang merah. Kedua bahan tersebut dapat anda gunakan dengan mengikuti langkah langkah berikut ini:

  • Anda perlu menyiapkan daun kelor dan bawang merah sesuai kebutuhan anda
  • Hancurkan dan haluskan keduanya hingga membentuk suatu tekstur lulur
  • Oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian tubuh yang terkena biduran
  • Biarkan hingga kering dan rasakan manfaatnya

5. Bantuan Es Batu

Es batu merupakan hasil pembekuan air yang baik untuk digunakan dalam mengatasi biduran di kulit anda. Rasa dingin dan menenangkan akan anda rasakan setelah menggunakan es batu di kulit anda. Tentu memerlukan suatu upaya yang tepat agar jangan sampai ada efek samping pada tubuh karena penggunaan es batu yang melebihi batas ini.

  • Pertama tama siapkanlah es batu dan hancurkan menjadi ukuran yang cukup kecil
  • Masukan potongan es batu ke lapisan handuk atau kain
  • Tempelkan handuk atau kain berisi es batu tersebut ke tubuh yang mengalami biduran
  • Tekan tekan beberapa saat, angkat, dan ulangi beberapa kali

6. Mengeluarkan Keringat Melalui Olahraga

Salah satu cara terbaik untuk dapat mengatasi biduran pada kulit anda dapat dilakukan dengan mengeluarkan keringat dari pori pori kulit. Keringat akan membawa juga keluar kotoran dan bakteri penyebab biduran. Jadi tidak ada salahnya anda melakukan langkah langkah olahraga yang dapat membuat anda berkeringat, kemudian gatal gatal akan terasa hilang. Anda cukup melakukan olahraga yang ringan namun menghasilkan keringat yang banyak.

7. Campuran Temulawak dan Buah Asam

Langkah ketujuh ini anda dapat lakukan dengan menggunakan bahan alami, yaitu campuran dari temulawak dan buah yang masam rasanya. Kegunaan rambuan ini sangat baik untuk meredakan rasa gatal dan menghilangkan warna merah di kulit anda. Berikut ini langkah langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi biduran menggunakan bahan alami:

  • Pertama, anda perlu menyiapkan temulawak dan buah asam seperti lemon dan jeruk nipis
  • Kedua, campurkan kedua bahan tersebut hingga teraduk merata
  • Ketiga, oleskan bahan bahan tersebut ke seluruh tubuh yang mengalami biduran
  • Keempat, diamkan hingga kering dan lihat perbedaannya

8. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih adalah bahan alami yang juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan biduran. Cara ini adalah cara yang paling cepat untuk memberikan pertolongan pertama saat anda mengalami biduran. Anda tidak perlu melakukan banyak langkah, cukup dengan membeli minyak kayu putih asli dan oleskan ke seluruh bagian tubuh anda yang terkena biduran. Anda akan melihat bentol bentol dan gatal anda hilang secara perlahan lahan.

9. Menggunakan Kayu Manis

Anda juga dapat memanfaatkan kayu manis untuk mengatasi permasalahan gatal gatal akibat biduran ini. T

entunya anda perlu menyiapkan kayu manis. Mungkin cukup sulit untuk anda dapat menyiapkan kayu manis ini. Anda hanya perlu menyiapkan sedikit saja. Gunakan air rebusan dari kayu manis yang telah dingin untuk dioleskan ke seluruh bagian tubuh anda yang gatal akibat biduran sebelumnya.

10. Menggunakan Minyak dan Garam

Cara terakhir yang cukup populer dalam masyarakat adalah dengan memanfaatkan minyak juga garam untuk menghilangkan rasa gatal di tubuh. Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengembalikan rasa gatal di tubuh anda:

  • Siapkanlah minyak dan garam secukupnya
  • Campurkan keduanya hingga merata
  • Oleskan campuran minyak dan garam pada bagian tubuh anda yang gatal
  • Diamkan hingga kering dan rasakan rasa gatalnya telah berkurang

Demikianlah informasi lengkap mengenai apa saja 10 cara mengatasi biduran dengan alami. Anda harus segera mengatasi biduran. Bukan saja karena rasa gatalnya, tetapi juga karena resiko efek dari gatal gatal dan pembengkakan yang bisa membuat anda sesak nafas. Upayakan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh anda dan dengan demikian anda pun dapat mencegah biduran datang kembali pada anda. Selamat memiliki tubuh sehat yang terhindar dari gatal-gatal!


Pencarian:

  • penyebab biduran terus menerus
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.