Informasi Kecantikan, Kesehatan, psikologi, Ibu dan Anak

10 Cara Mengatasi Mimisan Yang Cepat, Alami Dan Manjur

Sudahkah anda tahu apa itu mimisan? Mimisan adalah kondisi saat seseorang mengalami pendarahan yang keluar dari lubang hidung. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan. Bayangkan saja ketika anda atau anak anda atau orang disekitar anda mengalami hal ini, tentunya anda akan sangat khawatir bukan?

Kondisi mimisan ini sangat sering terjadi dalam masyarakat. Mimisan tidak mengenal usia saat menyerang seseorang. Mulai dari anak anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia dapat mengalami mimisan ini. Namun sebenarnya sudahkah masyarakat tahu bahwa mimisan bisa merupakan tanda gangguan kesehatan yang lebih berbahaya? Perlu ditekankan bahwa saat seseorang mengalami mimisan, maka mungkin saja ada penyakit yang sedang menyerang orang tersebut dan mimisan adalah salah satu gejalanya. Anda perlu melakukan upaya untuk mengatasinya. Namun anda tentu perlu mengetahuii terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab mimisan itu sendiri. Berikut ini beberapa rangkuman terkait apa yang bisa menjadi penyebab mimisan pada seseorang.

Penyebab Mimisan pada Manusia

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mimisan pada seseorang. Mimisan tersebut bisa terjadi karena ketidaksengajaan yang dilakukan di hidung pun juga karena adanya penyakit yang berhubungan dengan rongga hidung anda. Berikut ini penjelasan terkait beberapa penyebab yang paling umum seseorang mengalami mimisan.

  • Akibat Sinusitis Kronis
  • Akibat Tumor Rongga Hidung
  • Menggunakan Obat Terlarang Kokain
  • Mengonsumsi Alkohol
  • Mengorek Hidung Terlalu Dalam

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cara Alamiah

Selanjutnya, setelah anda mengetahui apa saja penyebab seseorang mimisan tadi maka harusnya anda tahu bagaimana cara mengatasinya. Secara medis mungkin anda sudah pernah mendengar beberapa cara untuk memberhentikan mimisan ini. Namun, sudahkah anda tahu apa saja cara untuk mengatasinya dengan alamiah? Jika anda belum mengetahuinya, maka berikut ini ada 10 cara mengatasi mimisan ini dengan alami. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

1. Hiruplah Aroma Bawang Merah

Cara alami untuk anda coba mengatasi mimisan anda adalah dengan menggunakan khasiat bawang merah. Bawang merah memiliki kandungan yang sangat kaya dengan vitamin C. Selain itu, bawang merah pun kaya akan zat bioflavonoid. Kandungan dalam bawah merah ini dapat menguatkan pembuluh darah kapiler sehingga pendarahan pada pembuluh darah yang pecah di sekitar hidung dapat segera terhenti. Berikut ini cara anda dapat mengolah bawang merah sebagai obat mimisan:

  • Pertama, siapkanlah bawang merah secukupnya
  • Kedua, iris bawang merah hingga halus
  • Ketiga, tempelkan irisan bawang merah di bawah hidung anda
  • Keempat, hirup aromanya selama beberapa menit

2. Jangan Baringkan Tubuh Anda

Selanjutnya, anda juga perlu mengetahui bahwa dalam menghentikan mimisan, posisi tubuh anda pun sangat menentukan. Jika anda mengalami mimisan, pastikan untuk tidak membaringkan tubuh anda. Saat tubuh anda berbaring, diketahui bahwa pendarahan tidak dapat diketahui sebanyak apa dan sudah berhenti atau belum. Sesaat anda menyadari adanya darah keluar dari hidung anda, maka segera posisikan tubuh anda dengan tepat. Jangan pernah berbaring!

3. Kompres Hidung Anda dengan Air Garam

Cara lain untuk segera memberhentikan mimisan yang membuat anda khawatir tidak karuan adalah dengan memanfaatkan air garam. Tentunya cara ini adalah salah satu cara yang masih asing untuk digunakan oleh masyarakat. Namun, anda tidak perlu ragu karena garam mampu untuk mengurangi iritasi yang menjadi penyebab pendarahan. Selain itu, garam pun dapat membuat aliran darah di suatu pembuluh darah menjadi menyempit. Cara menggunakan air garam untuk kompres hidung adalah sebagai berikut:

  • Pertama, siapkanlah air garam dan air hangat
  • Kedua, larutkan garam dalam air hangat tersebut dan aduk merata
  • Ketiga, gunakan kapas yang direndam dalam air garam
  • Keempat, kompres kapas ke dalam hidung anda dengan cara mendongak

4. Kompres Hidung Anda dengan Batu Es

Selanjutnya, cobalah untuk memanfaatkan kompres es untuk menghentikan aliran darah dari hidung anda yang dikenal dengan istilah mimisan. Es batu seperti diketahui memiliki kemampuan untuk membekukan pendarahan di hidung anda. Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengompres dengan menggunakan batu es, seperti berikut:

  • Pertama, siapkanlah es dan sebuah kain
  • Kedua, masukkan es batu ke dalam kain
  • Ketiga, kompres bagian hidung anda menggunakan kain berisi es batu
  • Keempat, tekan sedikit dan beberapa menit

5. Oleskan Ketumbar ke Hidung Anda

Bahan untuk menjadi bumbu masakan di dapur anda pun ternyata bisa dijadikan bahan untuk pertolongan pertama saat anda mengalami mimisan. Ketahuilah bahwa cara ini sangat baik untuk membantu anda menghentikan pendarahan dari pembuluh darah di hidung anda. Bagaimana caranya, simak langkah langkahnya pada bagian di bawah ini:

  • Pertama, anda perlu menyiapkan daun ketumbar
  • Kedua, blender daun ketumbar ini hingga benar benar halus
  • Ketiga, oleskan daun ketumbar yang telah halus di dalam hidung anda perlahan lahan
  • Keempat, tunggu selama beberapa saat

6. Pastikan untuk Mengeluarkan Darah, Jangan Ditelan

Kebiasaan buruk saat sedang mimisan yang sering dianggap sepele adalah menelan darah dari mimisan. Diketahui bahwa memang hidung terhubung langsung dengan tenggorokan, namun hal ini tidak dapat menjadi alasan yang membuat anda dengan santainya menelan ludah dari mimisan di hidung. Pastikan bagaimanapun usaha anda cobalah untuk mengeluarkan darah tersebut. Jangan sampai darah tertelan. Itulah juga alasan pendukung mengapa anda tidak boleh telentang saat mimisan.

7. Peras Air Lemon ke Hidung Anda

Cara selanjutnya yang dapat anda gunakan untuk membersihkan dan memberhentikan darah yang keluar dari hidung anda adalah dengan memanfaatkan lemon. Lemon merupakan jenis buah yang sangat kaya akan vitamin C. Vitamin C dalam lemon ini akan membantu memperbaiki pembuluh darah di hidung yang rusak. Lalu bagaimana anda dapat menggunakannya untuk menghentikan mimisan anda?

  • Pertama, siapkanlah sejumlah lemon
  • Kedua, peras lemon hingga didapatkan airnya saja
  • Ketiga, teteskan dua atau tiga tetes air lemon ke dalam hidung
  • Keempat, tunggu dan rasakan khasiatnya

8. Posisikan Tubuh dalam Posisi Duduk

Anda tentu sudah pernah melihat bagaimana seseorang saat mengalami mimisan segera diposisikan untuk duduk. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Mengapa penderita mimisan harus segera duduk? Duduk dapat membuat aliran darah di pembuluh darah keluar dari hidung dan penutupan lukanya lebih cepat dibandingkan dalam posisi tertidur telentang. Luka di pembuluh darah yang rusak pun tidak melebar bahkan lebih mudah menempel satu sama lain.

9. Sumbat Hidung Anda dengan Kapas

Jika anda tidak bisa melihat darah keluar dari hidung anda dengan terus menerus, maka cara yang baik anda lakukan adalah dengan menyumbat hidung. Sumbat hidung anda menggunakan kapas atau tisu. Anda hanya boleh menggunakan kedua bahan ini untuk menyumbat hidung anda. Karena kedua bahan ini lembut dan tidak akan membuat pembuluh darah hidung lebih parah rusaknya. Anda perlu menggulung kapas atau tisu tersebut agar bisa masuk ke hidung tanpa menyakiti hidung anda.

10. Tekan Hidung Anda Selama Beberapa Menit

Anda juga dapat menggunakan jemari anda untuk mencoba menghentikan pendarahan dari hidung ini. Cukup gunakan dua jemari anda, yaitu telunjuk dan ibu jari. Tekan kedua sisi hidung anda menggunakan jari tersebut selama beberapa menit. Anda akan membantu luka di pembuluh darah lebih cepat menutup.

Berikut tadi informasi lengkap mengenai apa saja penyebab mimisan dan cara mengatasi mimisan dengan berbagai trik alami. Semoga anda dapat menggunakan manfaat dari beberapa cara yang telah disebutkan sebelumnya. Anda pun tidak perlu menunggu lama lagi untuk melakukan cara cara tadi. Segera lakukan dan atasi mimisan ini jika terjadi pada anda!


Pencarian:

  • bumbu dapur untuk cegah mimisan
  • Obat alami untuk rambut rontok dan mimisan
  • obat mimisan pakai jeruk lemon
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.