Informasi Kecantikan, Kesehatan, psikologi, Ibu dan Anak

12 Cara Mengencangkan Perut Kendur Dan Bergelambir Dengan Mudah

Perut yang ramping dan kencang? Siapa yang tidak menginginkannya? Sepertinya mendapatkan perut yang kencang dan langsing menjadi salah satu impian bagi banyak wanita. Selain karena penumpukan lemak, perut yang gendut dan bergelambir terkadang disebabkan oleh kekencangan kulit yang menurun usai proses melahirkan. Ditambah lagi, gaya hidup dan pola makan yang tidak sesuai bisa menajdi penyebab perut anda tampak kurang menarik.

Cara mengencangkan perut sudah banyak dilakukan dengan berbagai langkah instan, mulai dari sedot lemak, treatment spa, hingga berbagai program diet ekstrim yang justru berisiko bagi kesehatan tubuh anda secara menyeluruh.

Cara Mengencangkan Perut Secara Natural

Untuk mengencangkan perut, anda bisa melakukan beberapa langkah mulai dari mengganti kebiasaan yang tidak sehat, teknik olahraga tertentu, hingga mengonsumsi jenis makanan yang mengandung berbagai senyawa penting untuk membantu mengatasi elastisitas kulit. Berikut adalah langkah yang bisa anda terapkan untuk mengencangkan perut secara alami.

1. Pemijatan Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah teknik merawat kekencangan kulit dari luar. Anda bisa melakukan pemijatan menggunakan minyak kelapa agar kulit di bagian perut menjadi lebih kencang. Setidaknya, selama empat hingga lima kali dalam satu minggu pemijatan ini bisa dilakukan karena minyak kelapa berfungsi sebagai pelembab alami bagi kulit. Lakukan pemijatan menggunakan minyak kelapa sebelum anda melakukan treatment dengan olahraga tertentu untuk mengencangkan perut.

2. Masker Yoghurt dan Kubis

Anda juga bisa memanfaatkan yoghurt dan kubis untuk diramu menjadi masker pengencang kulit. Kulit perut yang mengalami kendur akibat melahirkan, usia, dan sebagainya bisa dirawat dengan masker yoghurt yang dipadukan dengan kubis. Cara membuat masker yoghurt dan kubis ini cukup mudah, anda hanya perlu menghancurkan beberapa lembar kubis dalam blender yang berisi setengah cangkir air hangat. Setelah kubis hancur sempurna, tambahkan dua sendok makan yoghurt dan aduk hingga rata.

Oleskan campuran tersebut pada kulit perut anda sambil dilakukan pemijatan ringan. Usahakan, masker ini dipakai ketika anda selesai melakukan latihan atau olahraga untuk mengencangkan perut ya! Diamkan masker selama 30 menit kemudian bilas dengan menggunakan air dingin.

3. Eksfoliasi Kulit Perut

Dengan mengangkat sel kulit mati, maka penyerapan nutrisi serta langkah anda untuk membuat perut lebih tampak kencang akan mudah dilakukan. Pengelupasan sel kulit mati atau yang biasa dikenal dengan eksfoliasi kulit ini bisa dilakukan dengan menggunakan scrub atau lulur mandi biasa. Bila anda ingin membuatnya sendiri, bisa dari campuran garam dapur dan perasan lemon. Usapkan pada bagian perut sambil sedikit ditekan untuk mengangkat sel kulit matinya. Bilas kemudian dengan air hingga bersih sempurna.

4. Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih termasuk cara mengencangkan perut yang paling mudah diterapkan. Perut yang kendur biasanya disebabkan juga karena berkurangnya elastisitas kulit di bagian tersebut. Untuk memperbaiki kelemahan otot kulit, anda bisa melakukan treatment minum air putih pada jam-jam tertentu secara rutin dan menghasilkan kulit lebih sehat serta kencang alami.

5. Makanan Berprotein

Protein sangat dibutuhkan tubuh bukan hanya sebagai penghasil energi dan nutrisi otak saja. Kandungan protein yang masuk ke dalam tubuh juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit secara alami. Dengan mengonsumsi makanan berprotein, pembentukan otot dalam tubuh anda akan berjalan dengan baik. Anda bisa rutin mengonsumsi ikan,keju, susu, atau kacang-kacangan untuk mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh sebagai langkah membuat kulit lebih kencang.

6. Buah dan Sayur

Tidak ada yang meragukan manfaat dari buah dan sayuran bagi tubuh manusia. Banyak kandungan penting didalamnya yang berfungsi mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Buah dan sayur juga dibutuhkan ketika anda berniat untuk menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tampak lebih cantik serta sehat. Dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat serta antioksidan alami, langkah anda untuk mengencangkan perut akan lebih optimal.

7. Olahraga Sit Up

Untuk mengencangkan perut, olahraga sit up sangat banyak disarankan oleh pakar kesehatan. Latihan sit up memang diyakini sebagai salah satu cara mengencangkan perut yang sudah terbukti hasilnya. Sit up lebih fokus untuk menarik otot perut dan sekitarnya yang mengalami kendur. Mungkin ketika baru pertama melakukannya, tubuh akan terasa berat dan nyeri di bagian tertentu, namun anda bisa melihat manfaatnya dalam waktu satu minggu saja bila latihan ini rutin dilakukan. Sit up bisa dilakukan selama 10 menit setiap dua kali sehari, anda pun bisa memilih waktu yang nyaman untuk melakukan sit up dengan santai di rumah anda.

8. Latihan Bicycle Exercise

Latihan ini dinamakan bicycle exercise karena memang dilakukan mirip dengan gerakan mengayuh sepeda. Hanya saja, latihan dilakukan tanpa alat dan dengan berbaring saja diatas karpet empuk. Lakukan latihan dengan cara berbaring, sambil mengangkat kedua kaki anda menuju pundak secara bergantian. Latihan ini efektif mengencangkan bagian pantat serta perut dalam waktu signifikan.

9. Berjalan Kaki atau Jogging

Olahraga berikutnya yang disarankan untuk membantu mengencangkan otot perut adalah dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari atau melakukan jogging. Jogging juga tidak perlu dilakukan dalam waktu yang lama, cukup 25 menit setiap harinya anda bisa membantu menurunkan lemak yang kemungkinan menyebabkan perut tidak kencang. Jogging juga bermanfaat untuk mengecilkan betis.

10. Back Up

Melakukan latihan back up sebenarnya merupakan kebalikan dari sit up yang anda sudah lakukan sebelumnya. Back up dimulai dengan gerakan telungkup dan kedua tangan mengarah kedepan. Setelah itu, angkat kepala dan kaki anda hingga hampir bersentuhan, diamkan posisi tersebut selama 2 menit saja, kemudian turunkan dan ulangi beberapa kali. Back up terbukti mampu mengencangkan perut bagian depan dan membuat penampilan anda lebih sempurna.

11. Squat

Squat merupakan gerakan latihan yang dilakukan dengan jongkok-berdiri secara bergantian dengan tempo yang cepat. Latihan jongkok-berdiri ini memang efektif untuk membantu otot di sekitar jaringan perut menjadi lebih kencang serta mengurangi lemak yang menumpuk di bagian tersebut. Latihan ini bisa dilakukan selama 20 menit dalam satu hari dengan intensitas gerakan sebanyak 15-30 kali dalam satu sesi. Baca juga cara mengecilkan lengan.

12. Sikap Lilin

Gerakan sikap lilin ini diyakini mampu membantu mengencangkan perut secara alami. Anda pun bisa dengan mudah menerapkannya karena tidak membutuhkan alat dan bisa dilakukan dimana saja. Posisi tubuh akan menyerupai bentuk lilin dengan cara terlentang lurus terlebih dulu, sambil kedua tangan diletakkan di samping tubuh.

Rapatkan kedua kaki, kemudian angkat keduanya perlahan ke atas. Pinggul dan pundak anda menjadi penyangga ketika latihan ini berlangsung. Diamkan posisi lilin selama 2-3 menit saja, kemudian turunkan kembali dan ulangi beberapa kali.

Perut yang kencang tidak sulit didapatkan ketika anda menerapkan pola hidup sehat serta menjalani serangkaian latihan yang telah dipaparkan diatas. Rutin melakukan olahraga serta menjaga asupan makanan ke dalam tubuh juga menjadi kunci teknik ini berhasil. Oleh sebab itu, selain kesabaran anda juga membutuhkan ketelatenan untuk mendapatkan perut kencang yang menjadi impian anda. Selamat mencoba.

Demikian artikel yang berkaitan dengan cara mengencangkan perut dengan cepat yang bisa dipraktikan dengan mudah dan aman untuk rekomendasi anda. Semoga bermanfaat!


Pencarian:

  • cara mengencangkan perut yang kendur
  • Program mengencangkan perut kendor
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.