Informasi Kecantikan, Kesehatan, psikologi, Ibu dan Anak

12 Cara Menghilangkan Bisul Yang Ampuh, Efektif Dan Alami

Bisul menjadi penyebab seseorang mengalami penurunan rasa percaya diri. Bisul termasuk gangguan kulit yang disertai dengan benjolan berwarna merah dengan rasa nyeri. Tidak hanya itu, terkadang bisul juga disertai dengan nanah yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman bukan hanya secara fisik tetapi juga psikologis. Sebenarnya, benjolan pada bisul tersebut disebabkan karena adanya peradangan akibar infeksi bakteri yang ada di dalam kulit. Tepatnya bakteri pada folikel rambut atau tempat dimana rambut tersebut tumbuh. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang menderita bisul juga memikirkan cara menghilangkan bisul untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan yang dialami.

Menghilangkan bisul bisa dilakukan dengan cara medis atau datang ke tempat perawatan kecantikan. Namun, berbagai cara menghilangkan bisul yang tidak dilakukan secara alami justru bisa menyebabkan efek jangka panjang bagi kulit anda. Bagian tubuh yang ditumbuhi bisul juga tidak hanya lengan atau wajah saja tetapi juga berisiko tumbuh di bagian tubuh yang lain. Sementara itu, penting sebelum mengetahui cara menghilangkan bisul terlebih dulu anda mengetahui beberapa hal terkait dengan bisul tersebut. Mulai dari gejala, penyebab, hingga pengobatan alami yang menjadi cara menghilangkan bisul yang bisa anda praktikkan. Selengkapnya, simak dalam ulasan berikut ini!

Gejala Tumbuhnya Bisul. Bisul diawali dengan beberapa gejala yang bisa diamati dengan penglihata. Biasanya bisul akan dimulai dengan tumbuhnya benjolan kecil yang terasa sakit ketika ditekan. Kemudian gejala bisul bisa disertai dengan ruam merah di sekitar area benjolan. Selain terasa sakit, benjolan juga akan semakin membesar dan disertai dengan nanah di bagian ujungnya.

Penyebab Bisul Tumbuh di Kulit. Bisul awalnya merupakan akibat dari adanya infeksi bakteri. Mayoritas dari mereka yang mengalami bisul di kulit adalah akibat dari infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Biasanya, bakteri ini akan menginfeksi di bagian tubuh yang rawan kulit rusak, cedera kecil atau gigitan serangga yang bisa menjadi sarana tepat bagi bakteri berkembang biak.

Cara Menghilangkan Bisul Paling Efektif

Menghilangkan bisul secara alami bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar kita. Ya, menghilangkan bisul yang bukan merupakan komplikasi penyakit lain atau gejala penyakit mematikan lainnya bisa dilakukan di rumah tanpa perlu ke dokter terlebih dulu. Cobalah beberapa penanganan berikut ini sebagai cara menghilangkan bisul secara efektif.

1. Tindakan Awal

Pada langkah awal untuk mengatasi bisul yang tumbuh di beberapa bagin kulit tubuh, anda bisa memulainya dengan mengompres. Beberapa langkah yang bisa dipraktikkan untuk mengatasi bisul adalah sebagai berikut:

  • Lakukan pengompresan bisul menggunakan air hangat dan waslap atau handuk berbahan lembut. Selain mengurangi nyeri dan membunuh bakteri, pengompresan juga berfungsi untuk mengumpulkan nanah pada bagian benjolan.
  • Jagalah kebersihan area yang ditumbuhi bisul. Apalagi ketika bisul sudah pecah, maka anda harus membersihkannya menggunakan anti bakteri, alkohol, dan kapas steril untuk kemudian menutupnya dengan kain kasa sementara waktu. Jangan lupa untuk mengganti perban secara berkala untuk menghindari pertumbuhan bakteri.

2. Mentimun dan Biji Pala

Mentimun yang biasanya digunakan sebagai teman lalapan, ternyata mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Nah, dengan memanfaatkan mentimun yang dicampurkan dengan biji pala, anda bisa mengobati bisul dengan cara yang alami. Caranya, haluskan mentimun tanpa dikupas, sekalian dengan biji dan kulitnya. Kemudian tambahkan biji pala pada ramuan tersebut. Bungkus dengan daun pisang kemudian panggang bungkusan itu hingga hangat. Bungkusan kemudian dipakai untuk mengompres bisul secara perlahan sambil ditekan ringan. Efek anti radang dalam mentimun akan berfungsi dengan baik ketika bercampur dengan biji pala yang kaya akan kandungan anti bakteri.

3. Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga berfungsi mengatasi bisul. Lidah buaya mengandung mineral alami, antioksidan serta vitamin dengan kadar yang tinggi untuk menutrisi kulit. Anda bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan alami menghilangkan bisul dengan cara mengoleskan gel lidah buaya yang bisa dengan mudah diperoleh dengan mengupas bagian daging lidah buaya. Lakukan cara ini secara rutin untuk memberikan hasil yang maksimal.

4. Bawang Putih

Bahan dapur yang satu ini memiliki khasiat yang penting sebagai antibiotik alami. Bawang putih juga menjadi salah satu bahan untuk membantu mengatasi bisul yang membandel atau sudah bernanah. Kandungan antibiotik yang tinggi didalamnya bisa dimanfaatkan dengan cara menumbuk halus satu siung bawang putih dan menempelkan bawang putih yang telah dihaluskan pada bisul. Tutup dengan perban dan biarkan selama beberapa jam untuk kemudian perban dibuka dan bisul dikompres air hangat.

5. Temulawak

Temulawak mengandung khasiat besar yang sudah dipercaya sejak dulu untuk membantu mengatasi masalah kesehatan, satu diantaranya adalh menangani bisul. Gunakan temulawak yang telah dibersihkan dari kulitnya dan diiris tipis untuk menjadi minuman berkhasiat. Rebus irisan temulawak bersama gula aren, air , dan asam jawa secukupnya. Setelah ramuan matang, gunakan sebagai minuman sebelum pergi tidur. Efek anti bakteri dari temulawak akan bekerja dari dalam untuk mengurangi bisul.

6. Asam Jawa

Bukan asam jawa yang anda manfaatkan disini, tetapi biji asam jawa yang dikenal juga dengan nama asam kawak. Untuk mengolahnya, anda perlu menyediakan biji asa jawa yang telah disangrai hingga warnanya kecoklatan. Campurkan dengan minyak kelapa dan garam secukupnya. Tumbuk halus ketiga bahan tersebut kemudian oleskan pada bisul serta tunggu sampai kering. Ramuan ini selain mengurangi bakteri juga bisa segera memecahkan bisul dengan cepat.

7. Daun Sirsak

Daun sirsak memang kaya manfaat. Biasanya orang menggunakan rebusan daun sirsak untuk gangguan kesehatan mereka. Nah, manfaat lain dari daun sirsak adalah bisa digunakan sebagai obat bisul. Tumbuk daun sirsak yang telah dicuci bersih hingga halus, kemudian tempelkan pada bagian bisul anda sampai mengering. Daun sirsak kaya akan antioksidan alami yang bisa berguna untuk mengurangi bakteri penyebab infeksi di bisul anda.

8. Daun Sirih

Selain bermanfaat untuk kesehatan organ intim wanita, daun sirih juga bisa membantu anda yang tengah mengalami bisul di bagian tubuh. Cobalah tumbuk daun sirih hingga halus, lantas tempelkan tumbukan tersebut pada bisul anda. Cara ini bisa mengurangi nyeri yang dirasakan akibat bisul serta memudahkan penyembuhan bisul.

9. Bawang Merah

Sebagai salah satu bumbu dapur yang banyak dimanfaatkan, ternyata bawang merah juga mengandung manfaat sebagai penghilang bisul. Bahkan dibandingkan dengan bawang putih, bawang merah lebih cepat mengeringkan bisul anda. Anda bisa mencoba menempelkan bawang merah yang telah diparut pada bisul selama 1-2 jam, kemudian bilas dengan air hangat.

10. Akar Pule

Akar pule memang sedikit sulit untuk ditemukan. Namun, bila kebetulan anda bisa mendapatkannya, maka anda bisa menggunakannya sebagai bahan alami penghilang bisul. Rebuslah akar pule pandak dengan beberapa gelas air dan didihkan hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan tersebut dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

11. Tempuyung

tanaman yang juga dikenal dengan nama Gempur Batu ini tidak hanya berkhasiat bagi penderita batu ginjal. Tempuyung juga bermanfaat untuk mengempiskan bisul secara alami. Anda cukup menghaluskan daun serta batang tempuyung dengan menggilingnya. Kemudian peras airnya dan gunakan untuk mengoles bisul dan tunggu hingga kering. Cara ini efektif membantu bisul mengempis dan mengering dengan cepat.

12. Daun Bayam

Selain menghilangkan nyeri, daun bayam duri juga bisa digunakan sebagai anti demam sebagai efek dari peradangan bisul. Gunakan daun bayam yang telah dihaluskan dan bercampur dengan garam untuk dioleskan pada bisul. Diamkan selama 1 jam, kemudian bilas dengan air hangat.
Bila mencegah lebih baik dari pada mengobati, maka sejatinya anda pun harus mengetahui cara mencegah bisul yang efektif sebelum mengalaminya. Beberapa pencegahan yang disarankan adalah dengan rutin menjaga kebersihan kulit, menghindari beberapa konsumsi makanan yang mengandung lemak serta menghindari segala hal yang mengindikasikan adanya kuman dan bakteri.

Demikian artikel informatif tentang cara menghilangkan bisul paling efektif yang bisa disampaikan. Semoga bisa bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.