Informasi Kecantikan, Kesehatan, psikologi, Ibu dan Anak

11 Cara Menghilangkan Keringat Buntet Ampuh, Cepat Dan Alami


Keringat buntet atau nama kerennya disebut dengan biang keringat seringkali dialami ketika cuaca tengah tidak bersahabat dan panas. Tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia, tentunya mengakibatkan biang keringat menjadi masalah kulit yang paling sering dialami. Munculnya bintik-bintik merah tersebut juga bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang bila tidak segera ditangani dengan efektif. Oleh sebab itu, penting bagi anda yang pernah mengalami biang keringat atau keringat buntet untuk mengetahui cara menghilangkan keringat buntet yang paling ampuh.

Penyebab dan Jenis Keringat Buntet

keringat buntet atau biang keringat utamanya disebabkan karena kulit yang mengalami panas, serta ketika anda sering melakukan aktifitas fisik yang membuat keringat berlebihan. Biasanya biang keringat lebih disebabkan kondisi lembab pada kulit anda sehingga bakteri bernama Staphylococcus epidermidis mudah untuk tumbuh dan berkembang biak di area ini.
Biang keringat atau keringat buntet ini terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan pada tingkat keparahannya. Pertama adalah miliaria kristalina yaitu keringat buntet yang masih terbilang ringan dan memengaruhi saluran keringat lapisan kulit bagian atas. Kedua, miliaria rubra yang merupakan bentuk biang keringat yang lebih dalam dan biasanya terjadi di daerah bersuhu panas dan lembab. Miliaria rubra bisa berkembang menjadi miliaria pustulosa yang ditandai dengan peradangan dan munculnya nanah di bagian ruam. Ketiga, miliaria profunda yaitu biang keringat yang paling jarang terjadi dan biasanya menyerang lapisan kulit yang lebih dalam dan bersifat kronis.

Cara Menghilangkan Keringat Buntet Paling Ampuh

Menghilangkan keringat buntet tidak harus dengan menggunakan obat-obatan yang sudah jelas mengandung bahan kimia. Efek samping dari bahan kimia yang terkandung dalam obat tersebut akan memberikan dampak jangka panjang yang tentunya cukup berisiko. Oleh sebab itu, cobalah dengan melakukan cara menghilangkan keringat buntet secara alami seperti yang akan dipaparkan berikut ini.

1. Madu

Madu merupakan bahan alami yang sudah diyakini akan manfaatnya bagi tubuh. Madu mengandung pelembab alami yang berfungsi menjaga kelembaban kulit. Selain itu, madu juga bermanfaat sebagai humektan yang sangat baik untuk kulit. Cobalah mengoleskan madu yang telah dicampur dengan minyak jojoba pada bagian tubuh yang terkena biang keringat. Diamkan beberapa menit dan bilas menggunakan air hangat. Cara ini bisa menghilangkan gatal secara alami dan ruam yang menjadi gangguan biang keringat tersebut.

2. Es Batu

Keringat buntet yang anda derita bisa dihilangkan dengan bantuan es batu. Ya, es batu mengandung pereda gatal yang akan efektif membantu menghilangkan rasa gatal akibat biang keringat tersebut. Oleskan saja es batu pada bagian kulit yang terkena biang keringat secara perlahan untuk menghilangkan bintik merah yang menjadi penyebab gatal.

3. Lidah Buaya

Kaya manfaat dan mudah didapatkan, inilah yang menjadikan lidah buaya sanagt efektif digunakan masyarakat sebagai bahan alami pengobatan. Lidah buaya juga mengandung antioksidan serta anti bakteri yang sangat membantu permasalahan kulit. Termasuk bila anda mengalami biang keringat. Gunakan gel lidah buaya yang bisa diperoleh dari dagingnya untuk dioles pada bagian biang keringat tersebut.Terapkan cara menghilangkan keringat buntet dengan rutin agar ruam dan bintik merah segera menghilang.

4. Oatmeal

Tidak disangka bila salah satu bahan sereal ini juga memiliki manfaat sebagai pembasmi biang keringat. Ya, anda bisa menggunakan oatmeal yang terbuat dari gandum untuk mengatasi biang keringat tersebut. Campurkan pada bathup yang telah berisi air, kemudian tambahkan madu atau gula pasir dan gunakan campuran tersebut untuk mengoles bagian kulit yang terkena biang keringat. Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

5. Goosberry

Gooseberry bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi keringat buntet yang dialami anak-anak maupun orang dewasa. Taruhlah tanah liat dan air dalam sebuah wadah kemudian campurkan potongan gooseberry guna menutupi tanah liat tersebut. Tinggalkan selama semalam suntuk kemudian lakukan mash up dengan menyaring airnya. Anda bisa menggunakannya sebagai minuman yang dikonsumsi rutin bersama gula atau madu.

6. Soda Kue

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue ini juga banyak dimanfaatkan sebagai cara alami mengatasi permasalahan kulit, kesehatan rambut, dan sejenisnya. Backing soda atau soda kue juga bisa anda gunakan sebagai cara menghilangkan keringat buntet secara alami. Larutkan saja dua hingga tiga sendok makan backing soda pada air yang anda gunakan untuk mandi. Backing soda bisa secara efektif mengurangi ruam merah kulit serta menghilangkan rasa gatal pada kulit anda.

7. Minyak Jarak

 

Minyak jarak dipercaya sebagai obat untuk mengatasi masalah kulit, termasuk bila anda ingin menghilangkan biang keringat. Gunakan minyak jarak untuk mengoles bagian kulit yang terkena biang keringat kemudian lakukan pemijatan lembut disekitar area tersebut. Cara ini bisa menghilangkan peradangan serta ruam gatal dari biang keringat.

8. Kulit Pohon Beringin

Manfaatkan kulit pohon beringin sebagai bahan alami untuk menghilangkan biang keringat. Anda bisa mencoba mengikir bagian kulit pohon beringin untuk kemudian dijadikan sebagai serbuk. Serbuk dari kulit pohon beringin bisa diaplikasikan seperti saat menggunakan bedak tabur untuk membantu mengurangi ruam merah dan rasa gatal.

9. Bedak Tabur

Gunakan bedak tabur sementara waktu untuk membantu menghilangkan keringat berlebih. Biasanya bedak tabur yang digunakan adalah yang mengandung formula ringan seperti bedak yang khusus digunakan oleh bayi. Nah, cara ini bisa diaplikasikan setiap kali anda selesai mandi untuk mengurangi rasa gatal dan mengatasi ruam perlahan.

10. Mandi Air Dingin

Usahakan untuk selalu mandi menggunakan air dingin ketika anda mengalami keringat buntet. Dengan mandi air dingin, selain membantu mengurangi rasa gatal, ruam merah yang menjadi penyebab gatal tersebut juga akan berkurang dan tidak berpengaruh pada pori-pori kulit.

11. Garam Dapur

Anda bisa membuat bahan lulur dari garam dapur yang dicampurkan dengan perasan lemon. Selain mengandung anti bakteri, kedua bahan alami tersebut juga berfungsi membunuh kuman yang masih tertinggal dan mengangkat sel kulit mati. Aplikasikan campuran garam dapur dan dua sendok makan perasan lemon untuk dioleskan pada bagian tubuh yang mengalami biang keringat.

Biang keringat juga bisa dicegah dengan beberapa kebiasaan yang rutin harus dilakukan. Ini penting dari pada anda harus mengobatinya ketika biang keringat sudah mengganggu kulit anda dan membuat rasa tidak nyaman pada kulit. Untuk mencegah biang keringat atau keringat buntet anda bisa melakukannya dengan rutin mandi setiap harinya, hindari pemakaian pakaian ketat dalam waktu lama, kurangi panas tubuh dengan memakai pakaian longgar, dan gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit.

Demikian artikel informatif tentang cara menghilangkan keringat buntet paling ampuh yang bisa direkomendasikan. Semoga bermanfaat untuk anda!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.