Informasi Kecantikan, Kesehatan, psikologi, Ibu dan Anak

10 Cara Mengobati Gusi Bengkak Yang Terbukti Ampuh, Aman Dan Alami

Bagi anda yang mengalami rasa sakit pada gigi apa yang bisa anda katakan ? sesuatu yang tidak enak dan pasti semua yang mengalami akan merasa ampun pada rasa gigi tersebut. Salah satu yang seringkali terjadi yakni gusi bengkak dan menyebabkan ganguan mulut. Biasanya terjadi pada anda yang memiliki masalah gigi berlubang.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Sesuai dengan namanya, gusi bengkak merupakan masalah ketika gusi mengalami hal yang membengkak dan menjadi besar hingga menutupi gigi. Bahkan karena gusi yang membengkak ini, pipi jadi kelihatan menonjol seperti menyimpan makanan di pipi anda. Namun, jangan khawatir karena ada cara alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan gusi bengkak.

Untuk ada yang sedang mengalami masalah ini, berikut ini cara mengobati gusi bengkak secara alami:

1. Kantung Teh

Cara alami pertama yang bisa anda dapatkan yaitu menggunakan kantung teh. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kantung teh mengandung asam tannic dan kandungan itu memiliki potensi yang bisa meringankan infeksi gusi serta iritasi yang dialami oleh gigi anda. Gusi bengkak mungkin akan menyulitkan anda makan, namun dengan teh akan memudahkan.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama anda bisa mencelupkan kantong teh kedalam air seperti menyeduh teh, selanjutnya anda bisa membiarkan kantung teh sampai dingin. Setelah itu anda bisa menempelkan kantung teh ke bagian gusi yang bengkak selama 5 menit dan lakukan secara rutin hingga bengkak kempes. Penting untuk tidak menyeduh teh dengan gula.

2. Bawang Merah

Selanjutnya mungkin cara yang tidak anda sukai, yakni bawang merah. Menggunakan bawang merah merupakan salah satu cara alami sejak jaman dahulu karena bawang merah memiliki sifat anti inflamasi dan dapat mengurangi nyeri serta bengkak. Selain itu meskipun belum ada penelitian mengenai bawang merah namun cara ini terkenal ampuh.

Cara menggunakan bawang merahnya yakni dengan cara menambahkan bawang merah sampai halu dengan garam, kemudian oleskan secara merata di gusi bengkak. Setelah itu diamkan sampai meresap dan berkumur menggunakan air hangat, sehingga gusi bersih dan tidak meninggalkan bekas bawang pada sela gigi anda.

3. Minyak Cengkeh

Selanjutnya adalah minyak yang sudah banyak digunakan untuk mengobati mulut dan juga gigi. Minyak cengkeh merupakan esens cengkeh yang sengaja disaring, jika diaplikasikan akan terasa panas dan juga pedas seperti merica. Namun tidak menyedak ke tenggorokan dan rasanya seperti mint yang agak lebih pedas. Namun ada satu masalah, anda harus memperhatikan apakah minyak cengkeh tersebut asli atau palsu.

Untuk menghilangkan gusi bengkak, anda bisa mengaplikasikannya setiap 1 hari 2 kali dan anda bisa menggunakan kapas untuk menekan minyak cengkehnya. Jika dirasa kapasnya sudah agak kering atau kotor anda bisa menggantinya.Untuk penyembuhan lebih cepat, anda bisa 3-4 hari saja gusi. Selain itu selama menempelkan minyak cengkeh ke gusi jangan mengonsumsi apapun karena akan nyangkut.

4. Garam dan Air Hangat

 

Selanjutnya adalah berkumur menggunakan air garam, sebenarnya cara ini sudah lama digunakan untuk mengobati gusi bengkak dan banyak memberikan manfaat lainnya selain mengobati gusi. Bagi orang jaman dahulu, menjaga kesehatan mulut juga bisa menggunakan air hangat dan garam ini. Sampai sekarang cara tradisional ini masih ampuh untuk anda lakukan.

Dimana penelitian membuktikan air garam khususnya garam hangat memang memiliki sifat antibakterial yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan gusi membengkak. Bahkan air garam tersebut memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat menenangkan radang gusi anda. Cara mudah untuk mengatasi gusi bengkak adalah :

  • Sediakan air hangat sebanyak 1 gelas jangan panas namun hangat saja
  • Tambahkan satu sendok teh garam dapur yang beryodium dan bersih
  • Setelah dicampur buat semua garam terlarut sempurna
  • Gunakan air tadi untuk berkumur selama kurang lebih satu menit dengan fokus utama pada gusi bengkak. Ulangi lagi sebanyak 4-5 kali sehari.

5. Baking Soda

Selanjutnya adalah baking soda, dimana baking soda merupakan bahan yang sering ada di dapur anda bukan. Baking soda memang termasuk bahan yang agak keras dimana anda dapat menetralisir asam di mulut menggunakan baking soda ini. Beberapa penelitian mengatakan bahwa baking soda juga ampuh mengusir bengkak, penyakit gusi dan kerusakan gigi yang akhirnya menyebabkan nyeri pada gigi.

Cara menggunakannya, larutkan baking soda secukupnya menggunakan air hangat saja. Selanjutnya aduk sampai baking soda membentuk pasta, kemudian oleskan secara merata di bagian gusi yang bengkak dan juga biarkan meresap. Anda bisa mengulanginya setiap hari sehingga lebih ampuh untuk membantu mengempeskan gusi bengkak.

6. Gambir

Selanjutnya adalah gambir yang mungkin jarang orang ketahui. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa gambir obat yang unik untuk menyembuhkan bengkak. Bahan yang bisa anda gunakan adalah 3 potong gambir, setengah kunyit dan air yang matang dan juga hangat.

Cara membuat ramuannya, pertama ambil Gambir dan kunyit lalu bersihkan, kemudian diiris tipis-tipis. Setelah itu rebus kedalam panci yang sudah berisi 2 gelas air dan rebus hingga mendidih dan meninggalkan 1 gelas air saja. Setelah itu gunakan untuk berkumur pagi dan sore dan lakukan selama 1 minggu dengan rutin.

7. Daun jambu biji

 

Memiliki khasiat sebagai antibakteri, daun jambu biji dapat berguna untuk mengatasi gusi bengkak. Selain membantu mengempeskan gusi yang bengkak, daunjambu biji juga akan menjaga kesehatan rongga mulut. Cara menggunakannya pun mudah, anda cukup mengunyah daun jambu biji. Anda juga bisa merebus daun jambu biji dan menggunakannya untuk berkumur.

8. Asam jawa

Asam jawa juga bisa menjadi pilihan antiseptik alami. Caranya sangrai asam jawa kemudian tempelkan pada area gusi yang bengkak.

9. Jahe

Bahan yang memiliki kandungan antibakteri lainnya adalah jahe. Bahan alami ini akan membantu menghilangkan bakteri jahat yang ada disekitar mulut penyebab gusi bengkak. Caranya, parut jahe kemudian ambil air perasannya. Gunakan untuk berkumur secara rutin ya.

10. Serai

Serai ternyata juga ampuh dalam mengatasi gusi bengkak karena serai pun memiliki zat anti bakteri. Untuk menggunakan serai sebagai obat gusi bengkak, pertama rebus dua tangkai serai hingga air mendidih dan berkurang separuhnya. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur. Mudah bukan?

Demikianlah tips atau cara mengobati gigi bengkak. sebenarnya ada beberapa kasus yang menyebabkan gigi sampai bernanah dan mengalami abses. Anda bisa mengobati gusi bengkak dengan cara alami, namun apabila kondisi parah akan lebih baik ditangani oelh dokter gigi.

Apa efeknya jika gigi tidak dibersihkan dan gusi bengkak tidak ditangani? gusi memiliki aliran saraf yang cukup banyak ke mata, telinga, dan bagian lainnya. Jika anda mengalami masalah dan melakukan kesalahan jelas akan membahayakan diri anda. Jadi, kenali gusi bengkak yang anda alami ya. Ada kalanya gusi hanya bengkak biasa, namun ada pula yang perlu penanganan khusus.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.