Informasi Kecantikan, Kesehatan, psikologi, Ibu dan Anak

13 Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda Di Trimester Pertama

Sebagai seorang ibu yang tengah hamil muda, kebutuhan nutrisi dan asupan makanan si janin pasti jadi prioritas utama seorang ibu hamil muda namun ternyata ada 13 makanan yang baik untuk ibu hamil muda di trimester pertama dan wajib Anda ketahui.

Kehamilan adalah kabar bahagia bagi pasangan yang telah menantikan kehadiran momongan. Bagi pasangan orang tua, terutama ibu, kehamilan adalah sebuah anugerah yang harus dijaga sebaik mungkin. Maka, tak heran setiap ibu akan berusaha memberikan yang terbaik bagi dirinya dan janin selama masa kehamilan.

Beberapa Makanan Yg Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Dan salah satu hal penting yang wajib jadi perhatian ibu hamil adalah asupan nutrisi. Berikut 10 makanan yang baik untuk ibu hamil muda di trimester pertama dan wajib Anda ketahui,

Asam folat
Kebutuhan asam folat harian pada ibu hamil termasuk sangat penting untuk dipenuhi. Hal ini dikarenakan asam folat sangat berperan penting terhadap perkembangan janin dan menghindari bayi lahir cacat. Selain dari suplemen dan vitamin, ibu bisa memenuhi kebutuhan asam folat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti :

1. Bayam

Sayuran hijau yang dikenal karena kandungan zat besi yang tinggi ini juga memiliki kandungan asam folat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil. Anda bisa mengonsumsi bayam dengan cara dimasak bening seperti biasa, direbus dengan sedikit garam, atau ditumis.

2. Roti dari gandum

Pada awal kehamilan, sebagian besar ibu hamil mengalami penurunan napsu makan. Hal ini kemungkinan dikarenakan rasa mual hingga muntah yang dialami ibu saat mencium bau makanan-makanan tertentu seperti nasi, tumisan bawang, hingga bau amis ikan. Agar kebutuhan nutrisi dan asam folat ibu tetap terjaga, Anda bisa mengonsumsi roti dari gandum sebagai pengganti nasi. Selain rasanya yang lezat, roti ini memiliki kandungan karbohidrat, vitamin, dan asam folat yang cukup tinggi.

3. Mangga

Siapa sangka, mangga yang memiliki citarasa dan aroma khas ini selain mengandung vitamin yang beragam juga memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Pada saat hamil muda, sebagian ibu merasa ingin makan makan muda karena rasa mual yang diderita. Tetapi, mangga muda yang bersifat asam ini justru berpotensi memicu asam lambung berlebihan pada ibu hamil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi mangga yang mengkal hingga cukup matang agar tidak menggan

4. Kacang-kacangan

Bahan makanan yang biasanya diolah menjadi cemilan maupun pelengkap masakan ini ternyata juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Anda bisa mengonsumsi kacang tanah sebagai cemilan saat napsu makan menurun.
Kalsium

Seperti yang kita ketahui, kebutuhan kalsium pada ibu hamil menjadi lebih tinggi dua kali lipat daripada kebutuhan saat sang ibu belum hamil. Kalsium sangat dibutuhkan demi pertumbuhan tulang dan gigi janin. Saat kebutuhan kalsium tak mampu dipenuhi, maka janin akan ‘mencuri’ diam-diam kalsium dari tulang sang ibu untuk memenuhi kebutuhan satu ini. Akibatnya, sang ibu akan rentan terserang osteoporosis saat menginjak lanjut usia. Oleh karena itu, sebelum terlambat, ada baiknya Anda mengonsumi makanan-makanan yang mengandung kalsium untuk memenuhi kebutuhan. Berikut beberapa jenis makanan mengandung kalsium yang bisa Anda jadikan ide menu ke depannya,

5. Yoghurt

Minuman kesehatan yang memiliki citarasa unik dan kandungan bakteri baik ini ternyata memiliki kandungan kalsium cukup tinggi. Anda bisa mengonsumsi yoghurt setiap hari sebagai pengganti susu.

6. Keju

Bahan makanan yang berasal dari pengolahan susu segar ini juga kaya akan kandungan kalsiumnya. Bahkan kabarnya keju sangat baik bagi ibu hamil pada kehamilan trimester pertama.

Vitamin C
Kebutuhan vitamin sangat diperlukan bagi ibu hamil dan janinnya, salah satunya kebutuhan akan vitamin C. Selain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga bisa mengobati berbagai penyakit seperti flu, sariawan, hingga menjaga kestabilan kadar sel darah merah Anda. Kebutuhan akan vitamin C dapat dengan mudah Anda penuhi lewat asupan makanan yang dimakan. Berikut beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C dosis tinggi,

7. Jeruk

Buah dengan rasa manis dan sering diperas airnya untuk menghasilkan jus yang menyegarkan ini memiliki kandunga vitamin C yang tinggi. Dengan mengonsumsi buah jeruk, daya tahan Anda akan lebih meningkat dan terhindar dari masalah-masalah pencernaan lainnya.

8. Kiwi

Buah yang terkadang memiliki rasa asam ini juga termasuk memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi. Kiwi juga diketahui sangat aman bagi ibu hamil mau pun ibu yang sedang menyusui.

Vitamin D
Kebutuhan vitamin lainnya yang dibutuhkan ibu hamil selain vitamin C adalah vitamin D. Vitamin satu ini sangat diperlukan untuk menjaga kekuatan gigi dan tulang ibu maupun Janin yang dikandungnya. Berikut dua bahan makanan mengandung vitamin D yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D pada awal kehamilan,

9. Telur

Selain mengandung protein tinggi, telur juga memiliki kandungan vitamin D yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Anda bisa mengolah bahan makanan satu ini dengan berbagai cara seperti direbus, digoreng, maupun disaos. Dengan cara apa pun Anda memasak telur, hindari mengonsumsi telur setengah matang saat hamil. Hal ini bisa saja memberikan dampak yang tidak diinginkan pada kehamilan dan janin Anda.

10. Sereal gandum

Oatmeal atau yang biasa kita kenal dengan nama sereal gandum adalah salah satu makanan mengandung vitamin D yang mudah disajikan. Anda bisa menyeduh sereal menggunakan air panas atau merebusnya bersama susu. Sereal ini juga merupakan alternatif makanan yang bisa Anda coba saat merasa bosan dengan nasi.
Karbohidrat

Zat penting yang sangat dibutuhkan tubuh agar bisa beraktifitas ini juga merupakan kebutuhan penting bagi ibu hamil muda. Kondisi ibu hamil muda yang gampang lelah dan lesu sangat terbantu dengan adanya asupan karbohidrat yang cukup. Jika Anda tidak bisa atau enggan memakan nasi sebagai sumber utama karbohidrat, berikut dua jenis bahan makanan yang bisa Anda konsumsi,

11. Ubi kayu

Makanan yang nikmat disajikan dengan cara direbus atau pun digoreng ini memang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Anda bisa menjadikan ubi sebagai pengganti nasi yang tetap sama mengenyangkannya.

12. Pisang

Buah satu ini yang bisa dimakan langsung ternyata juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Anda bisa mengonsumsi pisang yang direbus atau digoreng sebagai pengganti nasi. Namun, hanya pisang-pisang tertentu yang bisa direbus seperti pisang lilin, pisang kapok, pisang tanduk, dan lainnya.

13. Ketela

Bahan makanan yang masih termasuk suku umbi-umbian bersama ubi kayu sudah dikenal orang sebagai pengganti nasi. Anda bisa menikmati ketela yang sudah direbus atau dibuatkan bubur yang nikmat dan kaya manfaat.

Nah, itulah tadi 13 bahan makanan yang baik untuk ibu hami muda di trimester pertama. Meski pada awal kehamilan, Anda akan mengalami penurunan napsu makan yang drastis, memenuhi kebutuhan nutrisi tetap wajib dilakukan. Anda dapat membuat variasi berbagai menu seimbang untuk memberikan pilihan makanan yang berbeda dan menggugah selera makan yang sedang naik turun. Semoga bermanfaat.


Pencarian:

  • makanan pengganti nasi saat hamil
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.